Kabarnusantaranews, Makassar ;– Kementerian Sosial RI melalui Balai Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas Fisik (BRSPDF) Wirajaya, di Makassar menerima kunjungan Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Gorontalo, Kamis (17/9).

Rombongan DPRD diterima langsung Kepala Balai Wirajaya, Syaiful Samad dan didampingi para pejabat struktural Balai Wirajaya.

Sebelum melakukan kunjungan lapangan, terlebih dahulu rombongan DPRD Gorontalo, diterima di Aula Pertemuan Kepala Balai sekaligus berdialog dan memperkenalkan masing-masing anggota DPRD Gorontalo, yang hadir dalam rombongan kunjungan kerjanya.

Kedatangan rombongan Komisi IV DPRD Provinsi Gorontalo, yang dipimpin Sofyan Puhi yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua DPRD Provinsi, yang bermaksud untuk melihat secara langsung program-program dan layanan rehabilitasi sosial yang diberikan kepada penyandang disabilitas, khususnya bagi penyandang disabilitas fisik.

Sofyan juga menambahkan, bahwa segala informasi yang didapatkan di Balai Wirajaya tentang program dan layanan rehabilitasi sosial bagi penyandang disabilitas, akan menjadi referensi bagi Komisi IV DPRD Gorontalo dalam pembahasan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) pokok untuk tahun 2021.

“Sekarang ini momentum persiapan pembahasan APBD Pokok tahun 2021 di Provinsi Gorontalo, jadi segala informasi terkait program layanan rehabilitasi sosial bagi penyandang disabilitas, mudah-mudahan bisa kami terapkan nantinya dalam bentuk program dan kegiatan di Provinsi Gorontalo”, ujar Sofyan.

Sementara itu, dihadapan rombongan Komisi IV DPRD Gorontalo, Syaiful Samad menjelaskan garis-garis besar progam layanan rehabilitasi sosial.

Dalam penjelasannya, Syaiful Samad juga menyinggung tentang Asistensi Sosial (Atensi), yang menjadi paradigma baru dalam pemberian layanan rehabilitasi sosial. Bahwa ada 3 (Tiga) lokus utama dalam Atensi, yakni layanan rehabilitasi sosial berbasis keluarga, kedua layanan yang berbasis komunitas, serta residensial.

Setelah berdialog, rombongan Komisi IV DPRD Gorontalo melanjutkan kunjungannya sambil berkeliling Balai untuk melihat kebeberapa tempat, diantaranya melihat aktifitas di ruang prothese, ruang fisiotrapi, workshop, serta ruang keterampilan.

Diakhir kunjungannya, Sofyan beserta rombongan memuji layanan rehabilitasi sosial yang dilakukan. Sofyan juga berterima kasih kepada Kepala Balai beserta jajaran, karena telah diterima dan sharing informasi program yang nantinya akan menjadi referensi dalam menyusun program pemberian layanan rehabilitasi sosial bagi penyandang disabilitas di Pemerintah Daerah Provinsi Gorontalo.

Bahkan Syaiful Samad sempat juga memberikan jam dinding berbahan kayu, yang merupakan hasil karya penyandang disabilitas sebagai cinderamata untuk rombongan Komisi IV DPRD Gorontalo dan diterima langsung oleh Sofyan selaku pimpinan rombongan. (erk/tim)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here