Diskominfo Makassar Uji Coba Jaringan Internet Starlink di Pulau Barrang Lompo



Kabar Nusantara News, MAKASSAR – Komitmen Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto untuk menghadirkan layanan internet yang merata di wilayah kepulauan kian nyata.

Pemerintah kota melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) mulai melakukan uji coba pemasangan jaringan internet Starlink di Pulau Barrang Lompo, Jumat (12/7/2024).

Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto juga turun langsung meninjau uji coba layanan internet berbasis satelit ini di Pulau Barrang Lompo.

“Dengan dilakukannya uji coba ini kita berharap semua urusan layanan yang dilakukan secara digital itu bisa diselesaikan lewat fasilitas internet ini,” kata Danny Pomanto.

Alasan Danny Pomanto menggunakan Starlink karena lebih efektif, cepat dan kuat di dalam menangkap jaringan internet.

Sehingga dirinya berharap pemerataan akses jaringan internet di wilayah kepulauan dapat dimanfaatkan dengan baik oleh warga sekitar.

Karenanya, ia mengimbau warga sekitar agar bijak menggunakan akses jaringan internet. Tidak digunakan untuk hal-hal yang merugikan seperti ikut judi online.

“Manfaatkan ini untuk mencerdaskan anak-anak kita,” ungkapnya.

Plt Kepala Diskominfo Makassar Ismawaty Nur mengatakan bahwa uji coba ini dilakukan untuk memastikan koneksi jaringan internet berbasis satelit itu di Pulau Barrang Lompo.

“Hari ini kita mulai lakukan uji coba pemasangan Starlink, dan tadi kecepatannya itu kita sempat dapat sampai 150 mbps,” kata Ismawaty Nur.

Uji coba ini, kata Ismawaty dilakukan untuk sementara. Hanya untuk mengecek kecepatan jaringan dan melihat kendala yang di hadapi ketika menggunakan jaringan internet Starlink di wilayah kepulauan.

“Kendalanya itu listrik, letak idealnya masih kita cari. Kondisi cuaca juga memengaruhi kecapatan jaringan, karena inikan satelit,” tutup Ismawaty.

Pemkot Makassar akan mengadakan Starlink jaringan internet berbasis satelit di sepuluh titik. Diharapkan juga jaringan internet Starlink bisa mengoptimalkan CCTV yang ada di setiap lorong untuk menekan aksi kriminalitas di Kota Makassar. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *