Dinilai Tidak Mampu Bantu Nelayan dan Petani, Gubernur Minta Perseroda Sulsel Hapus Sistem Kartel

Kabarnusantaranews,Makassar– Gubernur Sulawesi Selatan merasa resah dengan kehadiran kartel yang menyengsarakan para petani, meminta PT Sulsel Citra Indonesia (Perseroda) Sulsel dengan tegas menghapus sistem kartel yang tidak berpihak pada rakyat kecil.

“Untuk mengatasi hal tersebut kita punya Bank Sulselbar. Kalau Bank Sulselbar tidak mampu kita ajak yang lain untuk membantu masyarakat,” Kata Gubernur Nurdin Abdullah, Kamis (26/11) lalu di Makassar.

Lanjutnya, hampir setiap tahun petani mengalami kesulitan bibit, pupuk, obat-obatan, serta banyak permasalahan lainnya. Belum lagi saat panen raya berlangsung, harga anjlok.

“Disinilah Perseroda hadir bersama Bank Sulselbar dan yang lainnya untuk membantu masyarakat dalam menyediakan kebutuhan petani, termasuk soal harga saat panen raya berlangsung,” tegasnya.

Untuk Nelayan sendiri, Ia menuturkan saat ini kemiskinan juga masih ada di masyarakat pesisir. Karena Perseroda harus menyelesaikan sistem kartel agar bisa memperbaiki taraf hidup masyarakat di seluruh pelosok pulau-pulau yang ada di Sulawesi Selatan.

“Kita punya PT IKI untuk kita ajak kolaborasi dalam pembuatan kapal yang bagus untuk para nelayan kita. Karena saat ini nelayan kita masih belum didukung dengan teknologi penangkapan yang bagus,” pungkasnya. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *