Dinas Pertanian Polewali Mandar Mendorong Peran Serta Aktif Petani Milenial

Kabar Nusantara News ;-Kabupaten Polman pada khususnya dan Indonesia pada umumnya dihadapkan pada masalah semakin berkurangnya minat angkatan kerja usia muda untuk berusaha tani, hal ini menjadi salah satu kendala dalam peningkatan produksi padi.

Hal ini diungkapkan oleh Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Polman saat membuka kegiatan Bimbingan Teknis Komoditi Padi yang dilaksanakan di Pusat Pelatihan Pertanian dan Perdesaan Swadaya (P4S) Cahaya Duta Palili, Kabupaten Polewali Mandar, Provinsi Sulawesi Barat bekerjasama dengan Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Batangkaluku, Kementerian Pertanian.

Dalam sambutannya, Basir mendorong agar petani, khususnya petani millenial untuk senantiasa mengupdate dan mengupgrade pengetahuan usaha tani, baik mengenai teknologi budidaya, agribisnis, maupun tentang alat dan mesin pertanian.

“Kami sangat mengharapkan pengembangan substitusi pangan dan menggalakkan pangan lokal”, tambahnya.

Pembina P4S Cahaya Duta Palili, H.Abd. Muthalib yang juga Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Polman mengatakan bahwa peningkatan kompetensi SDM petani melalui kegiatan pelatihan merupakan hal yang urgen dalam peningkatan produksi.

Beliau menghimbau agar P4S dan kelompok tani menjalin kerjasama yang intens dengan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) binaan Dinas Kominfo.

Kegiatan ini berlangsung selama 2 Hari, 21 Maret – 22 Maret 2018. Dihadiri 50 peserta BIMTEK

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *