Cuka Botol dari Pohon Aren, Usaha Baru Pemuda Desa Sopa

Kabarnusantaranews, Bulukumba;- Sekelompok pemuda Desa Sopa, Kecamatan Kindang Kabupan Bulukumba membuat sebuah inovasi baru dalam memberdayakan SDA serta SDM.

Ia mengemas Cuka dari pohon aren kedalam botol plastik dengan ukuran 250 ml guna untuk di pasarkan di masyrakat lokal.

Sejak dirintis bulan Agustus ematin, proses pembuatan cuka botol ini terbilang masih sederhana karena menggunakan alat seadanya.

Menurut Basir selaku Tokoh pemuda dan juga terlibat dalam usaha cuka aren ini menyampaikan bahwa pembuatan cuka aren tersebut itu berawal dari diskusi kecil di group keluarga Desa Sopa yang dimana dalam diskusi tersebut banyak masukan terkait pembuatan cuka aren yang di kemas dalam botol plastik.

“Iya memang ini kita dapatkan ide-ide tersebut lewat diskusi kecil di group whatt’s app Desa Sopa”, jelas Basir kepada Awak media, Senin, 30/09.

Selain itu kata Basir, Langkah ini juga diharap dapat meminimalisir pemanfaatan tuak yang selama ini hanya diminum untuk mabuk-mabukan semata.

“Kita juga berharap kedepan semoga dengan sinergitas pemuda dalam wadah karangtaruna kemudian mampu kita tingkatkan guna untuk terus melakukan inovasi di Desa.” Harapnya

Lanjut Basir, Pohon aren ini memiliki banyak manfaat mulai dari ijuk untuk sapu, lidi bisa dibuat sapu, daun baik untuk pakan kambing, buah dari biji enak ketika diolah jadi kolangkaling, dan yang terutama ketika mandapat perlakuan khusus bisa menghasilkan minuman manis (tuak) yang segar & ketika dimasak akan jadi gula merah.

Air tuak itupun ketika disimpan lama akan berubah jadi cuka sedap yang diminati halayak umum dan juga para pendahulupun menjadikan batang aren untuk media penyeberangan air irigasi.

“Jadi Itulah kemudian kenapa kami jadikan Aren sebagai media inovasi Sehingga pun kami terpusat ke pembuatan cukanya dan kami jadikan botol plastik 250ml sebagai wadah lalu kami jual seharga 10 rb perbotolnya.”Tutupnya.(ft)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *