Bupati Luwu Utara Tanam Benih Padi Perdana Bareng CoE FP UNHAS

Kabar Nusantara News;- Pangan adalah Hidup Matinya suatu bangsa, Hal inilah yang dulu sering di kemukakan oleh bapak proklamator bangsa ini Ir. Soekarno.Makassar (31/01/2019)

Olehnya itu, untuk memacu hadirnya pangan yang benar-benar cukup bagi masyarakat, Bupati Luwu Utara indah putri indriani melakukan Tanam perdana penangkaran benih padi kerja sama pemkab luwu utara dan Center of excellece (CoE) fakultas pertanian unhas, di desa hasanah kecamatan mappedeceng, kamis 31/01 (pagi)

Sementara itu ketua Center of excellece (CoE) fakultas pertanian unhas Prof. DR. Ir. Yunus Musa.,M.Si, menjelaskan Apa yang kita lakukan hari ini adalah bentuk kerja sama dalam menghadirkan daerah mandiri benih.

“Dari sekian pimpinan daerah yang siap, kehadiran langsung Bupati luwu utara sebelum program ini di turunkan menunjukkan komitmen sehingga dari 6 kabupaten yang mendapatkan alokasi Luwu utara menjadi daerah yang di beri khusus untuk mengelolah 40 H sebagai lahan Pembenihan.”Ungkapnya.

Sementara itu, Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani mengatakan jika Tahun ini Surplus hasil 82.000 ton dengn rata-rata 5,6 Ton.

“Tahun ini Kita Surplus dengan hasil 82.000 ton dengan rata-rata 5,6 Ton/Ha dan kalau kita mau hitung nilai ekonomi yang di hasilkan, Petani luwu utara menikmati hasil sebesar 1,1 T. “ujar indah putri saat mengawali sambutannya.

“Daerah kita mengalami deflasi, sehingga Stock pangan di luwu utara aman sampai 40 bulan ke depan serta kita menjadi daerah pengisi gudang bulog.” pungkasnya.

Lebih lanjut, IDP saapan akrab bupati Luwu utara menyampaikan, Kebutuhan benih di luwu utara mencapai 1.000.112 kg, sehingga hadirnya kerja sama ini, kita dorong para pahlawan pangan (petani) Untuk hadir menjadi kabupaten mandiri benih baik itu di sektor pangan ataupun perkebunan.

“Saya yakin Kerja sama ini bisa di jaga dan kawal bersama, ada rasa Optimis yang terlukis jelas di wajah kita semua untuk lebih meningkatkan Kualitas.” tutupnya.

Selain Bupati luwu utara, pada tanam perdana ini di hadiri dandim 1403 sawerigading letkol. Inf. M. Ismasfi, ketua Center of excellece (CoE) fakultas pertanian unhas Prof. DR. Ir. Yunus Musa.,M.Si, perwira penghubung Sengke, Pimpinan SKPD, camat mappedeceng dan kepala desa.(**)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *