Bupati IDP Tinjau Obor Pangan Lestari di Peringatan HKN

Kabarnusantaranews, Makassar;- Usai pelaksanaan upacara Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN), Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani, langsung melakukan peninjauan Obor Pangan Lestari (Opal), Senin (11/11/2019).

OPAL ini terletak di lahan pekarangan Kantor Gabungan Dinas Pemda Luwu Utara. Menariknya, OPAL tidak hanya satu, melainkan dua.

Masing-masing dikelola Dinas Ketahanan Pangan (DKP) serta Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan (DTPHP).

Dalam peninjauan tersebut, Bupati bersama sejumlah Kepala Perangkat Daerah lainnya ikut memanen beberapa tanaman yang ada di dalamnya.

Menariknya, Bupati sempat mencicipi langsung sayuran yang dibudidayakan atau ditanam secara hidroponik tersebut.

“Kita ingin kegiatan seperti ini tidak berhenti di sini saja. Semua lahan yang kosong bisa kita manfaatkan untuk menanam tanaman dengan cara hidroponik seperti ini,” kata Indah Putri Indriani.

Bupati beralias IDP ini mengatakan, untuk melakukan penanaman dengan pola hidroponik, tidak terlalu sulit, sehingga semua lahan kantor yang masih kosong bisa dimanfaatkan dengan tanaman hidroponik.

“Ini sekaligus upaya kita untuk memenuhi kebutuhan teman-teman kantor yang ada di sekitarnya. Program ini juga bagian dari pemanfaatan lahan pekarangan kantor, sehingga semua lahan yang ada di sekitaran kantor itu bisa bermanfaat,” kata IDP.

Sementara Kepala DKP, Alauddin Sukri, mengatakan, OPAL adalah salah satu program Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian (Kementan) dalam rangka diservikasi pangan atau penganekaragaman tanaman pangan, selain pemanfaatan lahan kosong.

“Ini upaya promosi penganekaragaman pangan untuk pemenuhan gizi masyarakat,” kata Alauddin.

“Ini baru tahap awal, selanjutnya akan dilakukan di kecamatan dan BPP,” sambungnya.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *