Kabar Nusantara News;- Cantik dan cerdas, dua kata yang rasanya tidak salah jika disematkan pada Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani. Sabtu (20/10) kemarin.Makassar (21/10/2018)

Bupati perempuan pertama di Sulsel ini menerima penghargaan sebagai Tokoh Pelopor TPAKD (Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah) Kabupaten/Kota Sulawesi Selatan Tahun 2018.

Penghargaan diterima Indah Putri dari Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah pada kegiatan Expo Literasi dan Inklusi Keuangan yang digelar Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Regional VI Sulampua dihelat di Anjungan Pantai Losari City Of Makassar.

“Ini kemudian menjadi tantangan buat kami Pemerintah Daerah Luwu Utara untuk lebih mendekatkan akses jasa keuangan kepada masyarakat. Sebagaimana tujuan dibentuknya TPAKD yaitu mendorong akses keuangan untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi di daerah,” kata Indah.

Tidak sia-sia, meski akses jasa keuangan di Luwu Utara masih belum maksimal, pertumbuhan ekonomi di Luwu Utara sudah tumbuh di 7,6%, lebih tinggi dibanding Nasional yang hanya tumbuh di kisaran 5%.

“Dengan expo literasi ini semakin memberikan pemahaman mudahnya mengakses keuangan, bahwa masyarakat tidak perlu takut, tidak perlu was-was untuk bermitra dengan lembaga jasa keuangan.”tuturnya

“Pemda dalam hal ini juga berfungsi sebagai lembaga jasa keuangan dengan memfasilitasi masyarakat dan memberikan bantuan melalui kelompok usaha pemuda dan perempuan. Tahun ini saja kita siapkan Rp.2M dan sudah tersalurkan ke 70 kelompok UMKM. Harapan kita tentu peluang ini bisa dimanfaatkan secara maksimal.”tandas Indah.

Senada, Nurdin Abdullah menuturkan Expo Literasi ini adalah ide cemerlang.

“Dengan expo ini saya berharap mudah-mudahan bisa menjadi sebuah terobosan untuk memberikan pemahaman dan mempercepat akses keuangan masyarakat kita termasuk di wilayah pesisir,” imbuhnya.

Kepala OJK Regional VI, Zulmi katakan hadirnya Expo Literasi di Bulan Inklusi Keuangan ini diharap dapat menyentuh dan membuka akses keuangan kepada seluruh lapisan masyarakat tentu melalui sinergitas yang baik seluruh pemangku kepentingan.

Turut hadir pada Expo Literasi tersebut Anggota DPR RI Amir Uskara, Walikota Makassar, Bupati Bone, Bupati Sinjai, dan Bupati Selayar.(hms)

Irfan Darmawan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here