Bimtek DPRD Selayar, Rektor UIM Bahas Etika Politik Pemerintahan

Kabar Nusantara News;- Lembaga Penelitian dan Pengabdian Universitas Islam Makassar kerja sama Sekretaris Dewan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (Sekwan DPRD) Kepulauan Selayar mengadakan Bimbingan Teknis DPRD Selayar yang bertema “Mekanisme Penyusunan Produk Hukum Daerah dan Naskah Akademik”, Kamis (14/12) bertempat di Hotel Arthama Makassar.Makassar (14/12/2018)

Ketua DPRD Selayar yang diwakili salah satu anggota DPRD Kab. Selayar Andi Idris mengungkapkan kegiatan Bimtek ini berlangsung mulai 13-15 Desember 2018 dan tak lain untuk meningkatkan kapasitas anggota DPRD di Kepulauan Selayar.

“Kedepannya tentunya kami berharap Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar dan UIM bisa tetap menjalin kerja sama, tentunya untuk kemaslahatan warga Selayar.” Katanya saat sambutan.

Rektor UIM, Majdah Agus Arifin Nu’mang dalam sambutannya mengatakan Kegiatan ini merupakan kegiatan kelima dari kerja sama kami untuk mengadakan bimtek anggota DPRD, tentunya ntuk kemajuan daerah Selayar dan Bangsa Indonesia secara umum.

Kemudian Majdah yang juga Ketua Muslimat NU Sulsel ini membawakan materi tentang Etika Politik Pemerintahan dan Kepemimpinan, menurutnya kondisi Bangsa dewasa ini, bukan dikarenakan kurangnya orang cerdas, tetapi kondisi hari ini, ketidakmampuan kita mengamalkan apa yang kita ketahui.

“Dalam etika kehidupan berbangsa memiliki ruang lingkup yang mencakup, etika sosial budaya, politik dan pemerintahan, ekonomi dan bisnis, penegakan hukum yang berkeadilan, keilmuan dan lingkungan.”katanya saat memaparkan materi.

Jika kita kaitkan dengan budaya Bugis Makassar, dikenal enam konsep nilai utama yaitu sirik yakni memiliki rasa malu untuk berbuat hal negatif, kejujuran (alempureng), kecendikiaan (amaccang), kepatutan (asitinajang), keteguhan (agettengeng), dan usaha (reso) serta sirik (harga diri).

“Olehnya itu nilai utama budaya Bugis Makassar harus diinternalisasi kedalam cara pandang, cara berpikir, dan sikap hidup selama menjalankan tugas sebagai anggota dewan.”Tutupnya.

Tampak hadir Ketua LPPM Musdalifah Mahmud, Sekretaris LPPM Arwansjah, dan segenap anggota DPRD Kepulauan Selayar.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *