Bersama Istri, Nurdin Abdullah Nonton Film “ATI RAJA”

Kabarnusantaranews, Makassar;- Gubernur Sulawesi Selatan, Prof. Nurdin Abdullah (NA) bersama Istrinya, Lies F. Nurdin beserta anak menonton pemutaran perdana film “Ati Raja” di TSM, Kamis, 7 November 2019.

Sebelum menyaksikan film, di depan bioskop Nurdin disambut puluhan ibu-ibu melakukan senam dengan lagu Pantai Losari.

Film ini mengambil setting kota Makassar di tahun 1940an, tokoh utama Ho Eng Dji atau Baba Coi diperankan oleh Fajar Baharuddin. Ia suka bernyanyi dan bermusik dan juga suka minum minuman tradisional jenis ballo, cerita percintaannya juga menarik digambarkan di film ini. Film ini bercerita tentang sejarah terciptanya lagu Makassar “Ati Raja” yang berarti kebesaran hati.

Film ini menceritakan kehidupan Ho Eng Dji dan masyarakat Kota Makassar yang hidup harmonis tanpa memandang suku, ras dan agama.

“Film ini dapat menjadi contoh. Kita apresiasi dan rasa bangga bahwa kaum milenial Sulsel bisa tonji (juga). Dan tentu ini sebagai langkah awal untuk membangkitkan film layar lebar kita dan film ini banyak makna yang bisa kita petik,” kata Nurdin Abdullah.

Film ini dapat menjadi langkah menggali budaya lokal Sulsel dan terus menghadirkan sebuah pendidikan bagi masyarakat. Hal yang bisa dipetik, bagi kaum perempuan dan laki-laki adalah membangun keluarga yang sakinah sebut Nurdin.

“Banyak hal yang bisa kita petik dari film ini terutama kaum perempuan, kaum laki-laki, bagaimana kita membangun keluarga sakinah,” sebutnya.

Tentang tokoh utama, Nurdin juga punya penilaian, Baba Coi sendiri ditangkapnya sebagai sosok yang memiliki keteguhan hati, seorang laki-laki menikah bukan hanya karena nafsu tapi karena cinta.

“Dan begitu dalamnya perasaan seorang laki-laki, mau melindungi para kaum hawa saya berharap semua kau laki-laki seperti itu,” pungkasnya.

Usai pumutaran film, Nurdin mendapat suprise dari keluarga berupa penayangan video ultah ke-56 dengan ucapan selamat dari istri dan ketiga anaknya.

Pemutaran film perdana ini bekerjasama atas Badan Promosi Pariwisata Suslel dan juga Go-Jek. Para mitra ojol juga memberikan suprise ke gubernur.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *