Bawakan Kuliah Umum, Ketua IAP Beri Materi Perencanaan Wilayah

Kabarnusantaranews,Makassar;- Ketua Ikatan Ahli Perencanaan (IAP) Indonesia, Bpk. Ir. Andy Simarnata, Ph.D. IAP., menjadi pemateri dalam kegiatan Kuliah Umum yang digelar di Kampus Universitas Bosowa Makassar, Sabtu (21/12/2019).

Kegiatan dengan tema “Pembangunan dan Perubahan Iklim: Peran dan Kompetensi Perencanaan Wilayah dan Kota” itu adalah hasil kerjasama antara PD IAP Indonesia Sulawesi Selatan, LPJK Sulsel dan Pasca Sarjana UNIBOS.

“Banyaknya korban jiwa yang timbul akibat bencana alam yang terjadi, setidaknya telah memberikan pelajaran berharga kepada kita semua terhadap pentingnya keberadaan ruang yang aman,” ungkap Ir. Andy Simarnata, Ph.D. IAP.

Lanjut ia menambahkan, Ketahanan ruang terhadap ancaman bencana alam memang tidak akan secara mutlak menghindarkan manusia dari bahaya maut, tetapi setidaknya akan mengurangi jumlah korban yang menderita akibat dampak bencana tersebut.

“Oleh karena itu, semua pihak diharapkan mau dan mampu mempertimbangkan aspek kebencanaan tersebut dalam melaksanakan segala rutinitasnya,” tegasnya

Selain itu, di dalam pemaparan materinya, ia juga mengatakan bahwa salah satu instrument yang dinilai cukup strategis peranannya dalam upaya meminimalisir korban bencana tersebut adalah penataan ruang.

“Perencanaan merupakan tahapan terstruktur untuk menentukan prioritas pembangunan untuk mengurangi dampak perubahan iklim, untuk itulah IAP adalah orprof bidang keilmuan perencanaan wilayah dan kota” tambahnya lagi

Menurut Ketua IAP sulsel Muh. Natsir, ST.,MSP.,IAP. kegiatan kuliah umum ini merupakan kegiatan program kerja dari IAP Indonesia Pengda Sulsel untuk lebih mendekatkan peran dan kompetensi IAP dengan dunia kampus khususnya kepada calon planner dan young planner.

Diketahui, kegiatan tersebut dihadiri oleh ratusan Mahasiswa Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK) dari Kampus UNIBOS, UIN Alauddin Makassar dan UNHAS serta para Perencana Sulawesi Selatan.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *