Bank Sulselbar Siap Gandeng BI, Perluas Akses Penggunaan QRIS

Kabarnusantaranews,Makassar;– Sektor Usaha Mikro Kecil Menengah mencatatkan transaksi terbanyak melalui Quick Response Indonesian Standard, QRIS, Bank Sulselbar.

Direktur Operasional dan TI Bank Sulselbar Irmayanti Sulthan menyebutkan untuk sektor UMKM tercatat ada 679 yang memanfaatkan QRIS sebagai alat pembayaran.

Irma menyebut,sektor tersebut mampu berkontribusi sebesar 62,35 persen dari total merchant yang ada di Sulawesi Selatan maupun Sulawesi Barat.

“Secara total, Bank Sulselbar telah mengakuisisi sebanyak 1.200 merchant, 333 di antaranya merupakan merchant ETP atau elektrifikasi transaksi pemda,” ungkap Irmayanti pada jumpa pers di Makassar, Jumat (9/4/2021).

Dari total merchant tersebut tercatat hingga Maret 2021 jumlah transaksi sebanyak 7.125 dengan nominal mencapai Rp687.318.151.

Irmayanti menyebutkan nominal transaksi cenderung kecil karena adanya batasan transaksi yang bisa dilakukan melalui transaksi QRIS yakni Rp2 juta.

Kendati sektor UMKM mendominasi transaksi QRIS Bank Sulselbar, perseroan akan tetap fokus pada sektor lainnya seperti pasar tradisional, pariwisata, transportasi, juga transaksi pemerintahan seperti PBB, Samsat, PKB, dan lainnya.

“Dengan jumlah QRIS Bank Sulselbar yang cukup leading, itu menunjukkan kepercayaan masyarakat yang baik terhadap penggunaan QRIS,” kata Irmayanti.

Hal tersebut, menurut dia, menjadi peluang bagi perseroan untuk berkolaborasi dengan pemerintah daerah dalam meningkatkan penerapan QRIS pada ETP-nya.

Sehingga, lanjut Irmayanti, pemerintah daerah bisa lebih maju dalam menggunakan kanal pembayaran yang inovatif dan mewujudkan tata kelola keuangan yang transparan.

Perluasan akses transaksi QRIS ini juga menjadi salah satu roadmap perseroan di masa pandemi Covid-19.

Bank Sulselbar juga terus berupaya meningkatkan komitmennya dalam memberikan layanan dengan meminimalisir transaksi secara langsung.

“Ini juga menjadi visi pengembangan digital ke depan. Kami meyakini konsep digitalisasi bisa mengangkat ekosistem ekonomi digital, baik untuk pemerintah maupun masyarakat luas,” jelas Irmayanti.

Di sisi lain, untuk memperluas akses transaksi QRIS, Bank Sulselbar akan bekerja sama dengan Bank Indonesia dalam menjangkau hingga daerah terpencil.

Irmayanti mengatakan, BI akan memediasi rencana tersebut dengan pemerintah daerah untuk menghadirkan jaringan internet yang memadai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *