Kabarnusantaranews, Makassar ;– Bank Pemerintah Daerah membuktikan akesitensi dalam dunia perbankan, hal itu di liat dari kelompok Bank aset Rp10 triliun hingga di bawah Rp25 triliun di Indonesia.

Bank milik Pemerintah Daerah (Pemda) secara berurut masuk di dominasi 10 bank terbaik, di antranya Bank Sulselbar, Bank BPD Bali, Bank Sultra, Bank Jambi, Bank BPD DIY, Bank Nagari, Bank Kalbar, Bank Mestika, Bank SulutGo, dan Bank Kalsel. Di posisi lima teratas, Bank milik pemda itu masing-masing memiliki capaian prestasi tersendiri.

Bank Sulselbar, misalnya. Tahun ini merupakan kedua kalinya bagi Bank milik Pemda Provinsi Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat ini bertengger di posisi teratas di kelompok ini.

“Capaian tersebut adalah buah dari hasil kerja keras Bank Sulselbar selama 2019,” kata I Nyoman Sudharma kepada Infobank, beberapa waktu lalu.

I Nyoman Sudharma, yang juga sebagai Direktur Bank BPD Bali, menyampaikan Bank perkembangan perbankan yang ada di Indonesia cukup berkembang pesat.

Berdasarkan data Biro Riset Infobank, pada 2019 bank yang dipimpin Irmayanti Sulthan sebagai PLT Direktur Utama ini mengucurkan kredit Rp18,42 triliun atau meningkat 15,35% dibandingkan dengan tahun sebelumnya sebesar Rp15,97 triliun. Peningkatan kredit diimbangi dengan peningkatan dana pihak ketiga (DPK) sebesar 17,23% atau menjadi Rp15,63 triliun.

“Derasnya kredit Bank Sulselbar berimbas positif pada laba. Tahun lalu bank ini membukukan laba Rp616,69 miliar atau tumbuh 4,26%. Asetnya tumbuh 14,41% menjadi Rp23,54 triliun,” cetus Irmayanti Sulthan. (rls/tim)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here