Bank Sulselbar Gandeng Bapenda Sulsel Permudah Masyarakat Bayar Pajak

Kabarnusantaranews ;- Untuk mempermudah masyarakat dalam membayar pajak kendaraan bermotor (PKB) Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan melalui Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Sulsel dan Bank Sulselbar menghadirkan Simpanan dan Pinjaman Pajak Daerah.

Layanan ini juga mempermudah  masyarakat dalam menabung di Bank Sulselbar untuk pembayaran PKB yang akan dilakukan pendebitan setiap bulan dari rekening sumber.

Dalam Kerjasama keduanya mengeluarkan perjanjian kerja sebagaimana yang tertuang dalam surat nomor 973/0259/Bapenda dan nomor 32/PKS-BSSB/ll/2019. Layanan bernama Sipijar ini diluncurkan di Makassar, pada Senin 4 Februari 2019, lalu.

Pada saat PKB jatuh tempo pembayaran akan dilakukan secara otomatis oleh bank. Rekening sumber adalah rekening asal pendebitan yang disetorkan ke rekening tabungan Sipijar.

Selain itu peluncuran Layanan ini oleh Bapenda Sulsel untuk meringankan beban masyarakat dalam membayar pajak daerah karena dapat dicicil melalui tabungan maupun pinjaman tanpa bunga ke Bank Sulselbar.

Layanan terbaru yakni Samsat Online Nasional (Salmonas) dan unit pembantu lainnya sesuai dengan kemajuan teknologi, harapan masyarakat, dan kemampuan keuangan daerah.

Untuk mengurangi tunggakan pajak kendaraan, selain bisa dibayar melalui layanan unggulan tersebut, Bapenda Sulsel juga menggandeng Tim Korsupgah KPK untuk melakukan penagihan pajak secara door to door.

Pajak kendaraan yang dibayar masyarakat ini akan dikembalikan kepada masyarakat dalam bentuk pembangunan, pelayanan kesehatan, dan masih banyak lagi

Lebihnya lagi dari nasabah yang menunggak PKB tidak dibebankan bunga saat menggunakan fasilitas pinjaman Sipijar. Untuk tahap awal Sipijar menyasar ASN (Aparatur Sipil Negara) lingkup Pemprov Sulsel. Mereka yang ingin memanfaatkan layanan ini bisa langsung ke Bank Sulselbar.

Juga ada Samsat Payment Point yakni Samsat Drive Thru, Samsat Pembantu, Kedai Samsat, Gerai Samsat, Pos Pelayanan Pajak, dan Samsat Teller, Layanan lainnya adalah E-Samsat atau payment channel melalui ATM Bank Sulselbar dan Mobile Banking Bank Sulselbar, minimarket atau swalayan, dan E-Commerce atau Online Shop

Selain Sipijar, Bapenda Sulsel, Ditlantas Polda Sulsel, dan Jasa Raharja, telah mematenkan layanan unggulan yakni Samsat Mobile yang terdiri dari Samsat Care, Samsat Keliling, dan Samsat Lorong. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *