Bank Sulselbar dan OJK Kolaborasi, Tingkatkan Literasi Keuangan Pelajar

Kabar Nusantara News, TANA TORAJA — Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bersama PT Bank Sulselbar menyelenggarakan serangkaian kegiatan yang terdiri dari akuisisi rekening pelajar, publikasi dan edukasi keuangan secara massif melalui kegiatan ‘Kreasi Muda’ 2022 dengan tema Bank Goes to School, yang dimulai pada tanggal 1 Juli – 15 Agustus 2022.

Kegiatan ini dilaksanakan dalam upaya meningkatkan literasi dan inklusi keuangan pada pelajar di Sulawesi Selatan, dan dalam rangkaian Hari Indonesia Menabung yang diperingati setiap 20 Agustus.

OJK KR06 bersama Bank Sulselbar dan Pemerintah Daerah Tana Toraja berkolaborasi menyelenggarakan Puncak ‘Kreasi Muda’ di lingkungan sekolah SMAN 1 Tana Toraja yang dihadiri lebih dari 500 pelajar.

Tidak hanya kegiatan edukasi keuangan tentang pentingnya menabung yang disampaikan narasumber dari OJK KR06 Sulampua dan Bank Sulselbar, namun pada kegiatan tersebut juga dilaksanakan simbolisasi penyerahan tabungan Simpel kepada 1000 pelajar yang telah melakukan pembukaan rekening beberapa hari sebelumnya.

Program ‘Kreasi Muda’ 2022 ini, selain untuk meningkatkan inklusi keuangan juga memberi pemahaman terhadap produk keuangan sejak dini.

“Terutama kepada pelajar yang memiliki potensi masih sangat besar sehingga diharapkan indeks literasi dan inklusi keuangan semakin meningkat”, ujar Plt Direktur Utama PT Bank Sulselbar, H. Yulis Suandi.

Sementara itu, Wakil Bupati Tana Toraja, dr. Zadrak Tombeg, Sp. A menyampaikan dukungan terhadap kegiatan tersebut.

“Pemerintah Tana Toraja, siap mendukung program ini sebagai salah satu bentuk percepatan akses keuangan kepada seluruh lapisan masyarakat di Tana Toraja, yang kita mulai dari anak-anak usia dini di tingkat pelajar”, kata dr. Zadrak Tombeg.

Dengan adanya dukungan penuh dari pemerintah dan industri perbankan, OJK KR06 Sulampua selaku inisiator program ‘Kreasi Muda’ sangat berharap bahwa kegiatan ini dapat menguatkan sinergi antara OJK, Pelaku Usaha Jasa Keuangan (PUJK), Pemerintah Kabupaten dan Lembaga/Kementerian.

“Untuk menyusun dan merealisasikan program peningkatan literasi dan inklusi keuangan untuk mencapai target inklusi keuangan nasional 90% pada tahun 2024 diawali dengan pemahaman pentingnya menabung sejak dini”, tutupnya. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *