Bank Indonesia Komitmen Kembangkan UMKM Go Digital di Sulsel

Kabarnusantaranews,Makassar;– Bank Indonesia mendukung digitalisasi sistem pembayaran Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Sulawesi Selatan.

Dalam rangka memanfaatkan peluang dan tren di bidang sistem pembayaran, sekaligus mewujudkan UMKM GO DIGITAL di Sulawesi Selatan, BI terus mensosialisasikan dan mendorong penggunaan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) untuk transaksi pembayaran UMKM.

QRIS merupakan standar QR Code pembayaran untuk sistem pembayaran Indonesia yang dikembangkan oleh Bank Indonesia dan Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI).

Standarisasi penggunaan QR Code ini dilakukan untuk menciptakan inklusi finansial, termasuk di dalamnya untuk mendukung pelaku UMKM.

QRIS merupakan solusi pembayaran digital UMKM. Secara nasional, terdapat sekitar 7,4 juta pelaku UMKM yang telah menggunakan QRIS, dimana sekitar 220 ribu diantaranya merupakan pelaku UMKM di wilayah Sulawesi Selatan.

Dengan menggunakan QRIS, UMKM dapat menerima pembayaran secara non-tunai dari berbagai penyelenggara sistem pembayaran, baik bank maupun non-bank.

Lebih jauh, QRIS juga menjadi solusi perluasan kanal pembayaran yang Cepat, Mudah, Murah, dan Handal bagi UMKM.

Bagi masyarakat/pembeli dan pelaku UMKM, QRIS memiliki karakteristik UNGGUL, yang merupakan singkatan dari UNiversal QRIS dapat menerima pembayaran aplikasi pembayaran apapun yang menggunakan QR Code, jadi pembeli tidak perlu memiliki berbagai macam aplikasi pembayaran.

Bagi pembeli, mudah, tinggal scan dan klik, bayar. Bagi UMKM, tidak perlu memajang banyak QR Code, cukup satu QRIS yang dapat dipindai menggunakan aplikasi pembayaran QR apapun.

Keuntungan bagi pembeli dapat menggunakan akun pembayaran QR apapun untuk membayar. Bagi UMKM, cukup punya minimal 1 akun untuk menerima semua pembayaran QR Code.

Pembayaran dengan QRIS langsung diproses seketika. Pembeli dan pelaku UMKM langsung mendapat notifikasi transaksi.

Bank Indonesia terus melakukan sosialisasi dan kerjasama dalam rangka mendorong penggunaan QRIS oleh masyarakat dan para pelaku UMKM di Sulawesi Selatan.

Berbagai sinergi terus dilakukan oleh Bank Indonesia bersama dengan kalangan pelaku usaha, akademisi, pemerintah, kelompok komunitas, media massa, maupun pemangku kepentingan lainnya dalam rangka mengakselerasi ekosistem ekonomi dan keuangan digital di Sulawesi Selatan.

Dengan demikian, diharapkan akan tercipta ekosistem penggunaan QRIS yang inklusif dan merata, baik kepada para pelaku UMKM maupun seluruh lapisan masyarakat. (*)



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *