Kabar Nusantara News;- Korban Bencana Banjir Besar dan Longsor di 13 Kabupaten di Sulawesi-Selatan mencapai 79 Orang.Makassar (01/02/2019)

Sesuai data BNPB melalui Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo jika sampai 31 Januari tercatat 79 Orang meninggal.

“Sampai hari ini 31 Januari tercatat bencana terjadi di 13 kabupaten kota di Sulsel. Dampaknya 79 orang meninggal dunia, 1 orang hilang masih dicari, dan 55 orang luka-luka,” kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho kepada wartawan di gedung BNPB, Matraman, Jakarta Timur, Kamis (31/1/2019).

Sementara itu, lanjut Sutopo mengatakan sebanyak 5.586 orang mengungsi dan sebagian besar saat ini belum kembali ke rumahnya karena kondisinya yang rusak.

“Pengungsi sebagian besar pengungsi belum kembali karena rumah rusak dan hancur, lalu kondisi rumah tertutup lumpur yang mulai mengeras,” jelas Sutopo.

Adapun total rumah yang rusak mencapai 1.397 dan rumah terendam sebanyak 22.506 serta jembatan yang rusak sebanyak 56 Unit.

Dampak terparah akibat bencana ini berada di tiga kabupaten yaitu Gowa, Jeneponto, dan Maros. Ketiga kabupaten mengalami curah hujan tertinggi dibanding kabupaten lainnya.

“Di tiga kabupaten itu curah hujan tertinggi lebih dari 300 mm/per hari yang harusnya dijatuhkan dalam sebulan, tapi dijatuhkan dalam sehari, otomstis saluran drainase dan irigasi dan sungai sungai tidak mampu menampung,” jelas Sutopo.(Ir/Ft)

Irfan Darmawan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here