Kabarnusantaranews,Mamuju;– Banjir bandang tiba-tiba menerjang desa Sondoang, kec. Kalukku, kab. Mamuju, Sulawesi Barat (Sulbar) pada Jum’at, 3 September 2021. Banjir terjadi sekitar pukul 01.00 sampai 02.00 Wita malam tadi menerjang hampir satu dusun Salukaha.

Kepala Dusun Salukaha, Tabisa mengatakan, hujan yang tidak menentu kadang deras dan kadang sedang namun relatif lama hingga debit air sungai di bendungan meluap dan mengakibatkan banjir memasuki pemukiman penduduk.

“Hujan yang kadang deras kadang juga sedang namun relatif lama menyebabkan tampungan air bendungan tidak mampu lagi menampung air sehingga meluap dan memasuki pemukiman penduduk,” katanya.

Pak Dusun juga menyampaikan bahwa meluapnya bendungan tersebut karena keteledoran penjaga Bendung yang lambat membuka pintu air bendungan.

“Mengapa air meluap hingga memasuki pemukiman penduduk juga karena pihak bendungan yang tidak memperhatikan pintu air bendungan yang tertutup dan lambat membuka pintu air bendungan tersebut bahkan nanti setelah salah satu warga nelpon ke pihak bendungan setelah itu baru pintu air bendungan di buka,” tutupnya.

Hingga Jum’at dini hari, pemukiman penduduk masih terendam material lumpur yang terbawa banjir bandang semalam, warga pun masih gotong royong bersihkan rumah yang terendam lumpur.

Bahkan semalam penduduk sempat mencari tempat untuk mengungsi di tempat dataran tinggi, dan tentu masyarakat membutuhkan logistik, karena akibat banjir semalam sebagian besar bahan makanan masyarakat terendam banjir. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here