APT : Anak Jadi Prioritas Perhatian Pemerintah

Kabarnusantaranews, Makassar;- Andre Prasetyo Tanta nyatakan anak jadi prioritas penaganan pemerintah, melalui Perda no 4 tahun 2013 tentang sistem perlindungan anak

Hal tersebut disampaikan Legislator Sulsel dari praksi Nasdem ini, saat penyebarluasan prodak hukum tentang perlindungan anak di Kecamatan Tamalate, Kelurahan, Jongaya RW 2, RT 4, Sabtu, 01/02/2020 sore tadi.

” anak menjadi prioritas perhatian pemerintah, dengan adanya perda ini, menjadi bukti keseriusan pemerintah, dalam perlindungan anak terhadap bentuk eksploitasi, kekerasan dan penelantaran anak dibawa umur ” ujar Legislator komisi C ini .

Lebih lanjut APT menegaskan bahwa, Perda tersebut sebagai instrumen pencegahan dan penindakan eksploitasi, penelantaran dan tindak kekerasan terhadap anak untuk menjaga aset negara kedepan.

” Perda ini dibuat untuk mencegah dan menindak oknum oknum yang melakukan, eksploitasi, kekerasan dan penelantaran, kepada anak anak, karena mereka merupakan masa depan bangsa kita, ” tuturnya.

Bahkan APT, mengungkapkan jika hak anak sudah mesti diakomodir oleh pemerintah, baik dari sisi pendidikan.

” dan perlu saya sampaikan bahwa sudah tidak ada alasan anak anak tidak sekolah, karena sudah ada instansi yang akan menangani semua itu, bahkan jika ada anak anak tidak sekolah, hal tersebut sudah dikategorikan sebagai penelantaran anak, dan diharapkan juga pemerintah dan tokoh masyarakat setempat menjalankan fungsi pengawasanya ” ucapnya.

Diwaktu yang sama Ketua RW 2, Kelurahan Jongaya Kecamatan Tamalate, Muchtar Radjab mengungkapkan, jika prodak hukum tersebut sangat penting anak anak mereka.

” ini sangat penting bagi kami, pasalnya didaerah kami banyak anak anak, jadi kita tidak boleh macam macam terhadap anak, atau ekploitasi terhadap anak, dan saya rasa kita tidak mau berbenturan dengan hukum ” ungkapnya.

Senada Ketua RT 4, Dg. Labang mengharapkan petunjuk teknis tentang pendataan anak yang terlantar untuk selanjutnya ditindak lanjuti ditingkat legislatif.

” kami juga membutuhkan petunjuk teknis untuk pendataan data anak yang terlantar didaerah kami ” tukasnya.

Lebih lanjut Labang pun meminta kepada Legislator Nasdem ini agar mengusulkan pembangunan fasilitas tempat bermain bagi anak.

” anak kami juga membutuhkan lokasi tempat bermain, agak anak anak kami tidak bermain di jalanan lagi ” pintanya.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *