Anda Penikmat Kopi ? Waspada Overdosis

Kabar Nusantara News;- Kopi saat ini menjadi idola Masyarakat indonesia,tak terkecuali kaum hawa.Healt (03/09/2018)

Setiap jalan dipenuhi warkop dan cafe yang menyajikan kopi dengan racikan yang begitu nikmat untuk di minum saat sedang santai.

Kopi menjadi kebutuhan saat ini,tak tanggung dua-tiga gelas perhari biasanya diminum bagi penikmat Kopi.

Tapi Memang tak dipungkiri bahwa kopi memiliki sederet manfaat bagi kesehatan,Namun jika kebanyakan minum kopi, apakah seseorang bisa mengalami overdosis?

Dilansir dari Medical News Today, sangat jarang terjadi seseorang mengalami overdosis kafein gara-gara kebanyakan minum kopi.

Tapi kemungkinan bisa terjadi jika seseorang mengonsumsi suplemen kafein secara berlebihan.

Hal ini ditunjukkan pada jurnal ilmiah tahun 2018, para peneliti mengidentifikasi 92 kematian yang dilaporkan karena overdosis kafein.

Setelah diidentifikasi, peneliti meyakini bahwa sekitar sepertiga dari kematian tersebut kemungkinan adalah karena bunuh diri.

Overdosis kafein kemungkinan dihasilkan dari konsumsi suplemen kafein yang digabungkan dengan minuman energi, soda, atau ditambah dengan kopi.

Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA) menegaskan bahwa satu sendok teh bubuk kafein setara dengan 28 cangkir kopi.

Ini menekankan bahwa produk kafein murni dapat memiliki risiko kesehatan yang cukup serius.

Kematian akibat overdosis kafein biasanya dikarenakan fibrilasi ventrikel.Kondisi ini terjadi ketika bilik jantung bagian bawah berkontraksi secara tidak teratur.

Fibrilasi ventrikel dapat menghentikan detak jantung secara normal dan menyebabkan henti jantung.

Gejala overdosis kafein meliputi, detak jantung yang sangat cepat dan tidak teratur, merasa mual dan muntah, kebingungan, serangan panik, dan tubuh mulai goyah.

Jika kamu mengalami beberapa hal tersebut, sebaiknya segera hubungi dokter.(arh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *