Alih Fungsi Lahan di Kabupaten Bone, Produksi Pertanian Mengalami Penurunan

Kabar Nusantara News, Bone ;– Produksi lahan hasil pertanian di Kabupaten Bone, Sulawesi selatan dikabarkan terus mengalami penurunan setiap kali masa panen. Rabu (19/6/2019).

Hal ini diakibatkan dengan lahan pertanian semakin berkurang lantaran sawah atau pun perkebunan diwilayah tersebut beralih fungsi pembangunan infrastruktur dan perumahan.

Kondisi alih fungsi lahan inipun menuai sorotan dari kalangan pemerhati masyarakat setempat lantaran diduga banyak dilakukan tanpa mengikuti syarat dan ketentuan aturan.

“Entah bagaimana caranya bisa memperoleh ijin, kami curiga jika alih fungsi lahan ini adalah akal akalan bagi sejumlah oknum yang ingin memanfaatkan keuntungan”, kata Muhawas Rasyid, ketua LSM Latenritta.

Dirinya mengatakan, saat ini ratusan hektar lahan pertanian kini disulap menjadi perumahan yang terindikasi tidak memenuhi syarat dan aturan yang telah ditetapkan dalam undang-undang.

Salah satu contohnya, perumahan Cilellang Mas yang berada di Kelurahan Toro, Kecamatan Tanete Riattang Timur, Kabupaten Bone yang dicurigai telah melanggar aturan penerapan alih fungsi lahan.

“Kami curiga dugaan adanya mafia perijinan di Kabupaten Bone, maka dari itu kami meminta kepada DPRD Kabupaten Bone agar melakukan hearing kepada Dinas terkait yang telah mengeluarkan rekomendasi alih fungsi lahan pertanian dan amdal pembangunan, seperti yang terjadi pada pembangunan Perumahan Cilellang Mas”, Tutup Muhawas. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *