Abdul Hayat Pimpin Rakor Kestabilan Harga dan Ketahanan Pangan Jelang Ramadhan

Kabarnusantaranews,Makassar;– Sekprov Sulsel, Abdul Hayat Gani, memimpin Rapat Koordinasi (Rakor) Kestabilan Harga dan Ketahanan Pangan Menjelang Ramadhan dan Idul Fitri 1443 H/2022 M, di Toraja Room Kantor Gubernur Sulsel, Selasa, 22 Maret 2022.

Didampingi Kepala Dinas Perdagangan Sulsel, Ashari Fakhsari Radjamilo, Abdul Hayat, menyampaikan, beberapa hari yang lalu telah dilaksanakan Rakor dengan Mendagri dan Menteri Perdagangan terkait hal tersebut.

“Dan ini suatu penegasan yang harus di Tindak Lanjut (TL) segera, dan setelah rakor ini kita akan adakan virtual zoom meeting pertemuan dengan kabupaten/kota,” ujarnya.

Menurutnya, di dalam mengantisipasi pemenuhan kebutuhan dan stabilitasi harga pangan, diperlukan pertimbangan dalam pengeluaran kebijakan. Dan tentu didalam mengambil kebijaka-kebijakan ini, tidak bertentangan dengan kebijakan nasional.

“Untuk teknis, tetap dilakukan dengan pendekatan yang humanis kepada semua dengan edukatif yang lebih penting,” ucapnya.

Setelah ini kemudian melakukan outcome yang konkrit. Tentu kita ingin melihat kabupaten mana saja yang terjadi kelangkaan, seperti apa kondisi dan itu menjadi tindak lanjut dari satgas dan pemerintah provinsi,” tambahnya.

Sementara, Kepala Dinas Perdagangan Sulsel, Ashari Fakhsari Radjamilo, mengatakan, bersama unsur lainnya siap mensupport agar tidak terjadi kelangkaan barang di Sulsel.

“Kita berharap agar ini bisa kita jaga semuanya karena sesuai dari laporan Dinas Ketahanan Pangan, memang ada beberapa yang mengalami minus seperti gula pasir. Tapi dari Bulog menjamin ketersediaan itu karena akan masuk barangnya sekitar 22 ribu ton. Kami yakin InsyaAllah gula pasir aman,” ungkapnya.

Terkait operasi pasar, ia menjelaskan, ini sudah rutin setiap tahunnya diadakan bersama tim. Bukan hanya di Makassar, tapi di 24 kabupaten/kota yang akan disasar, guna menjamin ketersediaan barang dan menjamin stabilitas harga tersebut.

Selain itu, terkait ketersediaan stok minyak goreng curah, dirinya akan melakukan rapat besok dan akan mengundang para distributor untuk menyediakan stok minyak goreng curah tersebut.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan dan Holtikultura (Ketapang) Provinsi Sulsel, Kemal Redindo Syahrul Putra, mengakui jika memang dari data yang masuk, minyak goreng curah masih minus sebesar tiga ribuan ton untuk kebutuhan Sulsel sendiri.

Hadir dalam rapat tersebut, Kasdam VII Hasanuddin Brigjen TNI Dany Budianto dan Wakapolda Sulsel Kombes Pol Patoppoi. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *