Abdul Hayat Gani Serahkan Trophy dan Sertifikat Proper Tahun 2019

Kabarnusantaranews, Makassar;- Sekretaris Daerah Provinsi Sulsel, Abdul Hayat Gani, menyerahkan trophy dan sertifikat Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan atau Proper tahun 2019, yang dilaksanakan di Ruang Rapat Pimpinan Kantor Gubernur, Selasa, 18 Februari 2020.

Proper ini merupakan penilaian kepada perusahaan yang dilakukan tiap tahun oleh Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, untuk menilai ketaatan perusahaan terhadap kewajiban dalam rangka menata kelola lingkungan.

Di hadapan para pimpinan dan perwakilan perusahan BUMN dan Swasta se Sulsel, Abdul Hayat Gani menyampaikan apresiasinya terhadap perusahaan yang telah berpartisipasi dalam menjaga dan melindungi lingkungan.

“Tentunya kita telah bersama-sama melakukan proses kegiatan panjang, yang tujuan akhirnya adalah untuk kepentingan bangsa dan negara. Dan hal ini merupakan amanat yang tertuang dalam UU Nomor 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup,” ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, ia juga menyampaikan, selain isu lingkungan, yang harus diperhatikan adalah dampak sosial di sekitar kita.

“Mestinya ini harus ada sinergi dua-duanya. Karena ada juga kajiannya, apakah layak atau tidak sebuah tempat dijadikan kawasan pabrik atau industri. Jangan sampai bersoal dengan lingkungan sosial. Ini juga kedepannya harus terkawal,” terangnya.

Dari laporan Kepala Dinas Pengelolaan Lingkungan Hidup, Andi Hasdullah, Proper dilakukan terhadap 48 perusahaan se Sulsel. Berdasarkan keputusan menteri, ada lima perusahaan yang mendapat trophy.

Yaitu perusahaan yang dinilai telah melakukan pengelolaan yang telah melebihi persyaratan. Diantaranya PT Vale Indonesia Tbk, PT. Pertamina MOR VII TBBM Hasanuddin, PT. Semen Tonasa , PT. Pertamina MOR VII TBBM Palopo, PT. Pertamina MOR VII TBBM Makassar, dan terdapat 29 perusahaan mendapatkan sertifikat Proper.

Penyerahan trophy dan sertifikat Proper tahun 2019 ini juga dihadiri Kepala Balai Pengamanan dan Penegakan Hukum Kementrian LHK Wilayah Sulsel Dodi Kurniawan, dan perwakilan dari Balai Perhutanan Sosial dan Kemitraan Lingkungan hidup KLHK Muhsin, serta para pimpinan dan manajemen perusahaan BUMN dan swasta se Sulsel. (*)



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *