62 Tahun Parepare, Andi Sudirman Serahkan Rp30 Miliar Bantuan Keuangan Daerah

Kabarnusantaranews,Parepare;– Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman menghadiri Rapat Paripurna 62 Tahun Kota Parepare di Kantor DPRD, Selasa, 1 Maret 2022.

Dalam kesempatan itu, Andi Sudirman menyerahkan langsung bantuan keuangan daerah sebesar Rp30 miliar. Selain itu, Pemprov telah menggelontorkan lebih dari Rp117 miliar untuk pembangunan di Kota Parepare.

Sebelumnya, Pemprov Sulsel telah memberikan bantuan keuangan daerah bawahan tahun anggaran 2021 senilai Rp10 miliar untuk pembangunan jalan lingkar tengah (Swaka Alam Lestari) sepanjang 1,3 KM. Yang mendukung jalur Kereta Api Makassar-Parepare.

“Hari ini Pemprov memberikan bantuan kuangan. Karena sudah terserap 100 persen (bantuan keuangan 2021). Diberikan sebesar Rp 30 M untuk bangun Jembatan Kembar Jalan Lingkar Pare Pare”, kata Andi Sudirman.

Adapun bantuan keuangan daerah bawahan kepada Pemerintah Kota Parepare tahun ini untuk untuk pembangunan jembatan kembar jalan lingkar tengah dengan panjang bentangan 80 meter.

Dengan adanya akses ini sebagai alternatif jalan lingkar untuk mengurai kemacetan termasuk mensupport sistem kereta api nantinya yang stasiun utamanya berhadapan langsung.

“Nantinya akses ini, mendukung pembangunan jalur kereta api Makassar-Parepare yang merupakan proyek strategis nasional. Serta akan mempercepat penyaluran barang dan jasa, dan mengurangi kemacetan di jalur utama”, sebutnya.

Diketahui, Pemerintah Pusat menghadirkan salah satu proyek strategis nasional di Sulawesi Selatan, yakni pembangunan jalur Kereta Api Makassar-Parepare.

Pemprov juga telah menghadirkan Rumah Sakit Regional dr. Hasri Ainun Habibie di Kota Pare-pare yang telah beroperasi dan dinikmati layanan kesehatan oleh masyarakat.

Ia berharap, 62 tahun Kota Parepare, dapat lebih bersinergi membangun Kota Parepare menuju pemulihan ekonomi berkelanjutan.

Wali Kota Parepare, Taufan Pawe mengatakan, Pemerintah Kota Parepare telah menetapkan tahun 2022 sebagai Tahun Pemulihan Ekonomi Berkelanjutan.

Artinya, kebijakan Pemerintah Kota Parepare terkait Pemulihan Ekonomi tetap berlanjut dan semakin mengoptimalkan upaya-upaya dalam pemulihan ekonomi, termasuk protokol kesehatan tetap dilaksanakan secara ketat.

Pertumbuhan ekonomi Parepare sekarang ini sudah mulai bangkit yaitu 4,41 persen dan pembangunan di kota kelahiran Presiden Habibie ini juga berkat dukungan Pemprov Sulsel.

“Saya berkeyakinan kehadiran Bapak Plt Gubernur Sulsel adalah bagian tanggung jawab dan koordinasi. Saya sebagai kepala daerah akan berkomitmen kuat mendukung dan mensuport serta bersinergi dengan pemerintah Provinsi Sulsel”, sebutnya.

“Saya ucapkan terima kasih Pak Gubernur, kami bisa mempertanggungjawabkan dana provinsi yang dikucurkan di Kota Parepare ini. Saya yakin ini adalah amalan jariyah Bapak Plt Gubernur”, pungkasnya. (*)



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *