14 Kabupaten Kota di Sulsel Lolos KKS 2021

Kabarnusantaranews,Makassar;– 14 Kabupaten/Kota di Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) lolos sebagai Kabupaten/Kota Sehat Tahun 2021. Hal itu diketahui setelah dilakukan verifikasi lapangan oleh Tim Kabupaten Kota Sehat (KKS) Pusat 2021.

Diketahui, Provinsi Sulsel mendominasi penerima terbanyak dari 36 provinsi se Indonesia yang akan menerima penghargaan Anugerah Swasti Saba dari Kemendagri RI dan Kemenkes RI melalui program KKS 2021.

Atas capaian itu, Pelaksana Tugas Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, akan menerima penghargaan sebagai Pembina KKS Provinsi terbaik pertama di Indonesia. Hal itu karena suksesnya melakukan pembinaan terhadap kabupaten/kota.

Untuk diketahui, penghargaan Swasti Saba ini sebagai apresiasi kepada kabupaten/kota yang berhasil membebaskan sedikitnya 60 persen Desa/Kelurahan dari perilaku Buang Air Besar Sembarangan (BABS) atau telah dinyatakan ODF (Open Defecation Free).

Adapun 14 Kabupaten/Kota yang lolos KKS 2021, yakni Pinrang, Soppeng, Bantaeng, Barru, Wajo, Luwu, Gowa, Takalar, Sinjai, Jeneponto, Enrekang, Luwu Timur, Parepare, dan Palopo.

Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinkes Sulsel, Husni Thamrin, menjelaskan, program KKS bertujuan agar tercapai kondisi kabupaten kota bersih, aman, nyaman dan sehat untuk masyarakat dengan berbagai program-program kesehatan dan lainnya. Selain itu, KKS merupakan apresiasi dari pemerintah pusat.

“Penghargaan KKS adalah apresiasi pemerintah pusat pada pemerintah daerah yang sudah menyelenggarakan KKS sesuai Peraturan Bersama Menteri Dalam Negeri dan Menteri Kesehatan,” kata dia.

Menurutnya, capaian ini tak terlepas dari arahan dan pembinaan langsung Pelaksana Tugas Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman, untuk menjaga daerah tetap bersih, aman, nyaman dan sehat untuk masyarakat. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *