Kabar Nusantara News;- Tempat Pengolahan Sampah (TPS) dengan metode Reduce, Reuce dan Recycle (3R) Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) bunga masamba resmi beroperasi.Makassar (15/10/2018)

TPS 3R itu berada di Kelurahan baliase, Kecamatan masamba, di resmikan langsung oleh bupati luwu utara, senin 15/10.

Direktur pengembangan lingkungan permukiman dirjen ciptakarya kementrian pupr yang di wakili oleh kasatker psplp provinsi sulsel abd malik ST, mengatakan Ini adalah mekanisme menghadirkan paradigma baru yang lebih ditekankan pada pengurangan sampah rumaha yang lebih arif dan ramah lingkungan.

Lanjut Malik mengungkapkan TPS yang ada di kabupaten luwu utara ini merupakan TPS paling cepat selesai dibanding Enrekang dan Sidrap.

Yang diharapkan menjadi cikal bakal hadirnya kesadaran masyarakat untuk terlibat dalam pengelolaan sampah.

Senada, Indah Putri menuturkan Ia salah satu orang yang meyakini bahwa tak ada yang diciptakan Tuhan sia-sia, termasuk sampah.

“Dengan hadirnya TPS 3R ini bisa beroperasi dan memberikan manfaat khususnya di pengolahan sampah kita bisa mengurangi, menggunakan kembali, dan mendaur ulang. Jangan sampai hanya berulang kembali menggunakan pola yang lama,” kata Indah.

Pola pengelolaan TPS 3R ini diharapkan juga mampu direplikasi utamanya di daerah pesisir.Inti dari semua pembangunan adalah memanusiakan manusia.

“Upaya kita yang tidak pernah berhenti adalah bagaimana memastikan masyarakat hidup di hunian sehat layak huni, sebab pada akhirnya dengan melakukan perbaikan paradigma masyarakat kita dalam mengelola sampah tentu akan berdampak pada lingkungan,” tutur Indah.

Sekedar di ketahui, TPS 3R ini melayani seluruh sampah yang tidak di jangkau oleh mobil sampah di kelurahan baliase.(hms)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here