Tiga Orang Ber Syahadat Saat Sunatan Massal PB HMI Berlangsung Di Timika

Kabar Nusantara News;- Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam (PB HMI) berpartisipasi dalam sunatan massal dan pembagian 1000 kitab suci Al-Quran di Timika, Provinsi Papua yang diselenggarakan di Jalan Budi Utomo, Mimika Baru – Timika sejak 13-19 Mei 2018. Acara bakti sosial ini hasil kerjasama B’Care Medical Center yang didukung Amanah Takaful.Nasional (18/05/2018)

Sekretaris Jenderal PB HMI Arya Kharisma Hardy mengatakan sunat adalah kewajiban kita sebagai seorang muslim.

“Sunat punya alasan kesehatan, menjauhkan dari penyakit karena kurang bersihnya alat kelamin,” ujarnya melalui keterangan tertulisnya di Timika, Kamis (17/5) lalu.

Arya mengatakan pembagian Al-Quran merupakan bagian dari upaya menyiarkan nilai-nilai agama Islam.

“Terbukti selama kegiatan ada tiga orang yang memutuskan bergabung menjadi muslim dan mengucapkan syahadat,mengganti namanya dan ikut disunat,”katanya.

Secara terpisah,Ketum PB HMI Respiratori Saddam Al Jihad berharap kerjasama antara HMI dan B’Care bisa terus berlanjut,terutama fokus pada daerah yang terisolir dan membutuhkan banyak perhatian,” katanya.

Bagi Saddam saat beberapa kali mengunjungi tanah Papua terasa betul keramahan masyarakatnya. Papua terbilang daerah yang plural.

“Semoga sunatan massal ini, menjadikan masyarakat Timika makin sehat dan bisa memberikan hal positif untuk kemajuan daerahnya,” pungkasnya.

Koordinator B’Care Medical Center, dr. M Iqbal El Mubarak mengatakan sunat ini menggunakan metode teknik modern klamp tergolong pertama kali dilakukan di Timika, yang punya sejumlah kelebihan seperti tanpa jahitan, prosesnya cepat tetapi hasinya tetap baik. “Metode sunat ini mengurangi rasa nyeri dan penyembuhannya cepat,” katanya.

Iqbal menghimbau agar kegiatan pengabdian masyararakat diprioritaskan dan bisa lebih banyak lagi dilakukan di Papua. Mengingat juga masih ada penyakit HIV/AIDS. Menurutnya acara ini dalam rangka mencegah dan menekan angka penyakit reproduksi yang terjadi di Timika.

Acara tersebut dihadiri oleh Ketua PB IDI dr. M. Nazar, SpB, Deputi Direksi Wilayah Papua dan Papua Barat BPJS Kesehatan dr. Anurman Huda, MM., AAK, Ketua Takaful Amanah, Ernawan dan didukung oleh sejumlah pihak cabang setempat seperti Dewan Masjid Indonesia, Majelis Ulama Indonesia (MUI), Departemen Agama, pengurus Masjid Al-Mutazam Timika dan Dewan Adat Timika.

Seperti diketahui, sunatan massal diikuti 500 peserta usia anak-anak maupun dewasa. Hadir di lokasi acara mendampingi Sekretaris Jenderal PB HMI Arya Kharisma Hardy, yaitu Galih Prasetyo selaku Wasekjen.(*)



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *