Ternyata Kamar Setnov Di Sukamiskin Sangat Luas Bahkan Ada Meja Kerja

Kabar Nusantara News;- Ombudsman mendapati sel mantan Ketua DPR Setya Novanto berukuran lebih besar dari kamar narapidana lainnya di Lapas Sukamiskin, Bandung, Jawa Barat. Tak hanya itu, di kamarnya juga ada meja kerja.Nasional (15/09/2018)

detikcom mendapat foto-foto saat Ombudsman melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke Lapas Sukamiskin, pada Kamis (13/9) malam.

Sidak dipimpin anggota Ombudsman Ninik Rahayu pada Kamis (13/9) malam. Ninik didampingi kepala perwakilan dan 11 asisten dari Ombudsman.

Sebuah foto memperlihatkan, M Nazaruddin tengah nongkrong di kamar Setya Novanto saat Ombudsman sidak.

Mantan ketua DPR RI dan eks bendahara Partai Demokrat itu asyik ngobrol berdua di dalam kamar.

Sel Novanto itu sendiri tampak luas. Di dalamnya ada kasur dan sprei warna putih serta exhaust fan. Ada pula rak buku hingga meja kerja lengkap dengan kursinya.

“Dia (Nazaruddin dan Setnov) lagi nongkrong di situ. Soal apa yang diobrolkan ya saya nggak tahu,” kata Nanik saat dihubungi lewat telepon, Sabtu (15/9/2018).

Luasnya kamar setya novanto di sukamiskin (foto/detik.com).

Tak Hanya Luas, Sel Novanto di Sukamiskin Juga Ada Meja KerjaFoto: Sel Setya Novanto di Lapas Sukamiskin (dok Ombudsman)

Nanik mengatakan, kamar yang dihuni Novanto itu memang lebih luas dari kamar di sel lain.

Dia tidak tahu ukuran pastinya, namun menurutnya dua kali lebih besar dari sel lainnya.

Meski lebih luas, Ninik menyebut tidak ada fasilitas mewah yang ada di kamar narapidana kasus korupsi e-KTP itu. Dia mengaku tak menemukan barang mewah di sel tersebut seperti misalnya televisi. Dia hanya menyebut sel Novanto dilengkapi dengan kloset duduk.

Ditanya soal nomor kamar yang dihuni Novanto, Ninik mengaku tak sempat melihat. Namun dia memastikan kamar ditempati Novanto berbeda dengan yang terlihat dalam tayangan Mata Najwa yang saat itu ikut sidak bersama Dirjen PAS Sri Puguh Budi Utami.

“Saya mau menunjukkan kalau kemarin kan pak setnov ngomongnya kamarnya kecil biasa saja, jadi saya tunjukkan tuh gambarnya, emang beda dengan kamar lainnya. Lihat gambar saja,” katanya.

Novanto sebelumnya membantah Ombudsman soal kamarnya yang lebih luas ini.

“Nggak ada itu, biasa. Itu bukan besar, itu kan bekas lapas. Nggak ada kok yang besar, sama saja lah, semua sama, standardisasi sama,” ucap Novanto di Pengadilan Tipikor Jakarta, Jalan Bungur Besar Raya, Jakarta Pusat, Jumat (14/9).(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *