Satu Liter Seharga Rp.145 Milliar,Begini Jumlah Kalajengking Yang Dibutuhkan

Kabar Nusantara News;- Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam acara Musrenbangnas RKP 2019 menyebut racun kalajengking sebagai salah satu komoditas termahal di dunia saat ini. Satu liternya lanjut Jokowi bisa dijual sekitar Rp 145 miliar.Nasional (04/05/2018)

“Komoditas yang paling mahal di dunia adalah racun scorpion, racun dari kalajengking. Harganya USD 10,5 juta, artinya Rp 145 miliar per liter. Jadi kalau mau kaya, cari racun kalajengking,” kata Jokowi saat itu.

Hal tersebut dikatakan peneliti zoologi, Pusat Penelitian Biologi, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Syahfitri Anita, MSi, tidak salah. Ini karena racun kalajengking memang banyak dicari untuk dikembangkan menjadi berbagai macam obat dan hanya sedikit diproduksi.

“Bisa mahal banget karena sudah ada penelitian yang menunjukkan manfaatnya. Tapi produksi racun atau venomnya dari kalajengking itu sangat sedikit, belum lagi kalajengkingnya sendiri susah dicari, makanya harganya jadi mahal,” kata Syahfitri ketika dihubungi detikHealth pada Kamis (3/5/2018).

Jadi butuh berapa ekor kalajengking untuk menghasilkan satu liter racun? Dilansir oleh Science News for Students, seorang ahli bernama Bora Inceoglu dari University of California menemukan ada satu spesies kalajengking yang bisa menyuntikkan 5-50 mikroliter racun per ekor.

Bila diambil maksimalnya, itu artinya butuh sekitar 20 ribu kalajengking terkait untuk menghasilkan satu juta mikroliter atau satu liter racun. Itu bila setiap ekor mampu menghasilkan racun secara maksimal seperti yang diklaim. Waduh, cari kalajengking sebanyak itu di mana ya?(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *