Penyuluh Pertanian Maluku Utara, Praktek Gali Masalah Petani Di Takalar

Kabar Nusantara News ;- Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Batangkaluku menerjunkan langsung 32 Peserta Pelatihan Dasar Fungsional Ahli Bagi Penyuluh Pertanian ke lapangan, dalam hal ini Praktek Kerja Lapangan (PKL) yang merupakan salah satu rangkaian kegiatan yang dilaksanakan setelah mengikuti proses pembelajaran dikelas sejak 7 April yang lalu.Makassar (27/04/2018)

PKL berlangsung selama 4 hari, 25 hingga 28 April 2018 mendatang, berlokasi di P4S Terang-Terang Kecamtan Galesong Selatan Kabupaten Takalar.

Kegiatan pelatihan diselenggarakan atas kerjasama antara Dinas Pertanian, Provinsi Maluku Utara dan Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Batangkaluku.

Issac Maulana Koordinator Pembimbing PKL mengatakan Pelatihan ini selain teori juga melakukan praktek di lapangan yang sedang berlangsung seperti saat ini.

Salah satu tujuannya agar dapat memperoleh informasi dan gambaran mengenai kegiatan petani di lapangan, permasalahan yang dihadapi serta untuk mengaplikasikan teori dalam bentuk keterampilan, sehingga terjadi pengayaan kompetensi.

Yakni dengan bentuk kegiatan antara lain identifikasi wawancara, penyuluhan, membuat programa dan seminar hasil.

“Adanya pelatihan ini sangat bermanfaat bagi kami sebagai penyuluh pertanian, setelah proses pembelajaran kami di kelas kemudian dilanjutkan dengan praktek lapangan, banyak ilmu dan pengalaman yang kami dapatkan, baik itu berhadpaan langsung dengan petani dan masyakarat” ungkap Mahdi Angkotasan.

“Kedepannya semoga ilmu yang kami dapatkan disni bisa diterapkan nantinya dilapangan, mendapingi serta memberikan solusi dari permasalahan-permasalahan yang di hadapi petani/masyarakat khususnya di Provinsi Maluku Utara tempat kami bekerja dan kerjasama ini senantiasa selalu terjalin dengan baik, mengingat masih ada penyuluh pertanian di Maluku Utara yang perlu pengembangan SDM Pertanian seperti kami” tutupnya.

Penulis: ZL || Editor: Arwan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *