Nelayan Takalar Mendapatkan Bantuan 953 Konventer Kit Dari Pemerintah

Kabar Nusantara News;- Nelayan di Kabupaten Takalar, Sulawesi Selatan menjadi penerima konverter kit pertama di wilayah Sulawesi.Nasional (22/09/2018)

Menteri ESDM Ignasius Jonan mengatakan, pembagian paket konverter kit bagi nelayan kecil ini bertujuan memberikan kemudahan akses energi kepada masyarakat, memberikan dampak positif kepada nelayan melalui penghematan pengeluaran biaya bahan bakar, membantu ekonomi masyarakat nelayan menuju ekonomi masyarakat mandiri dan ramah lingkungan, serta mengurangi konsumsi BBM bersubsidi.

“Dengan konverter kit berbahan bakar elpiji, nelayan bisa menghemat biaya operasional melaut Rp 30 ribu hingga Rp 50 ribu per harinya. Dengan LPG juga memberikan energi bersih, mengurangi konsumsi BBM,” kata Jonan dalam keterangan tertulis, Jumat (21/9/2018).

Jonan memberikan sebanyak 953 paket perdana konverter kit kepada nelayan Takalar, disaksikan oleh Wakil Ketua Komisi VII DPR RI Tamsil Linrung, anggota Komisi VII DPR RI Andi Yuliani Paris, Direktur Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi Rida Mulyana, Bupati Takalar Syamsari Kitta, Direktur Pembinaan Program Migas Mustafid Gunawan, dan Pjs. General Manager Pertamina MOR VII Iwan Yudha.

Pembagian paket perdana konverter kit BBM ke elpiji terdiri atas beberapa komponen, yaitu mesin penggerak, konverter kit, as panjang, baling-baling, dua buah tabung Elpiji 3 kg, dan aksesori pendukung lainnya.

Iwan mengatakan untuk suplai Elpiji 3 kg kepada nelayan Takalar saat ini dilayani oleh satu agen dan dua pangkalan.

“Penambahan satu agen dan enam pangkalan elpiji yang baru, saat ini sedang dalam proses. Dengan lokasi-lokasi sesuai rekomendasi Dinas Perikanan Takalar,” ujar Iwan.

Jumlah kebutuhan Elpiji 3 kg untuk nelayan Takalar diestimasi sebesar 7.633 tabung per bulan. Adapun kriteria nelayan yang mendapatkan paket konverter kit BBM ke BBG sesuai Perpres No.126 Tahun 2015 tentang Penyediaan, Pendistribusian, dan Penetapan Harga LPG untuk Kapal Perikanan bagi Nelayan Kecil antara lain nelayan yang memiliki kapal ukuran di bawah 5 Gross Tonnage (GT), berbahan bakar bensin atau solar, dan memiliki daya mesin di bawah 13 Horse Power (HP).

Sementara itu diketahui pada 2016 dan 2017 telah dibagikan sejumlah 5.473 dan 17.081 unit paket konverter kit. Hingga Desember tahun ini, sesuai Keputusan Menteri ESDM Nomor 294 K/10/MEM/2018 akan dibagikan sejumlah 25 ribu unit konverter kit untuk 55 kabupaten/kota seluruh Indonesia.

Alokasi konverter kit untuk nelayan di Sulawesi Selatan (Bone, Bulukumba, Jeneponto, Selayar, Sinjai, Takalar, dan Wajo) sebanyak 5.314 unit. Provinsi Gorontalo (Boalemo, Bone Bolango, Gorontalo Utara dan Pohuwatu) mendapat 2.798 unit.

Selanjutnya Sulawesi Tengah (Banggai dan Palu) menerima 1.379 unit paket konverter kit, dan Sulawesi Utara (Manado dan Minahasa) 1.144 unit.

Sedangkan kebutuhan elpiji bagi nelayan di Sulawesi hingga Desember 2018 diperkirakan mencapai 358.800 tabung.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *