Kabar Nusantara News;- Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Sulsel, Ibu Liestiaty F Nurdin mengikuti Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) Tahun 2018, di Kementerian Pertahanan, Gedung Jenderal A H Nasution, Lantai 16, Jakarta, Kamis (27/9/2018).Makassar (27/09/2018)

Rakernas dengan tema “Terus Berinovasi Menuju Kriya Nusantara yang Lebih Berkualitas”. Ketua Dekranasda Provinsi atau yang mewakili se-Indonesia memaparkan program Dekranasda masing-masing daerah.

Ketua Dekranasda Sulsel, Ibu Liestiaty F Nurdin yang di dampingi oleh Ketua Dekranasda kabupaten/kota se-Sulsel serta beberapa pengurus Dekranasda Sulsel, sangat mengapresiasi atas terselenggaranya Rakernas Dekranas di Jakarta. Selain memaparkan program kedepan, juga sebagai ajang silaturahmi antar pengurus Dekranasda se-Indonesia.

Ibu Liestiaty F Nurdin mengemukakan, bahwa Dekranasda Provinsi Sulsel bekerjasama dengan Dekranasda kabupaten/Kota se-Provinsi Sulsel, terus berupaya mendorong peningkatan kualitas kriya (produk kerajinan) dan kemandirian pengrajin.

Untuk itu, Ibu Lies sapaan akrabnya meminta Ketua Umum dan pengurus Dekranas pusat memfasilitasi tenaga ahli dengan standar International dari negara-negara tujuan eksport seperti Jerman, Jepang atau Amerika Serikat untuk melatih para pengrajin di Sulsel.

“Sehingga produk kerajinan Sulsel bisa bersaing dan laku di pasaran international dengan tetap memperhatikan ciri khas budaya indonesia,” kata Ibu Lies.

Istri Gubernur Sulsel itu menjelaskan, peran serta Dekranasda dalam peningkatan kualitas produk dan kemampuan pengrajin. Serta memaparkan begitu banyak potensi kerajinan yang dimiliki oleh Sulawesi Selatan yaang bisa dikembangkan menjadi produk unggul yang berkualitas ekspor.

Selain itu, Ibu Lies juga mengusulkan kepada Dekranas pusat agar produk-produk kerajinan andalan Sulsel bisa di pasarkan di hotel-hotel, indomaret, dan di bandara seperti produk dari Jawa.

Sementara itu, Humas Dekranasda Sulsel Warni Saharuddin yang turut mendampingi sangat mendukung potensi kerajinan yang ada di Sulsel saat pemaparan program unggulan.

“Semoga dengan Rakernas Dekranas ini dapat memberikan support dan motivasi kepada Dekranasda Provinsi dan kabupaten/kota se-Indonesia supaya terus-menerus meningkatkan kinerja dalam meningkatkan kualitas kerajinan daerah, untuk meningkatkan kesejahteraan para pengrajin, yang selanjutnya akan mendorong peningkatan perekonomian dan daya saing daerah,” ucapnya. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here