Libido Seks Menurun Saat Hamil, Normalkah ?

Kabar Nusantara News;- Ada beragam pengalaman personal yang terjadi dalam kehidupan seks bagi perempuan yang tengah mengandung.Healt (03/09/2018)

Bagi sebagian wanita, ada yang merasakan libido yang begitu memuncak selama masa kehamilan.

Sementara, bagi sebagai perempuan lain, mereka mengalami penurunan gairah seks, bahkan dorongan itu serasa lenyap.

Pada dasarnya, dorongan seks bagi perempuan memang cenderung berfluktuasi. Hal ini terjadi dan bergantung pada suasana dan kondisi fisik dan emosi mereka.

Nah, bagi perempuan mengandung yang kehilangan gairah seks, ada kemungkinan mereka mengalami kelelahan, suasana hati yang terganggu, hingga muak saat bercinta, terutama di trimester pertama.

Namun, tak perlu khawatir, libido biasanya akan kembali pada trimester kedua, setelah morning sickness dan kelelahan sudah berkurang.

Gejala hilangnya gairah seksual biasanya akan kembali terjadi pada trimester ketiga, khususnya dalam 1-2 bulan terakhir menjelang persalinan.

Pada posisi ini, lenyapnya libido kemungkinan disebabkan kondisi perut yang kian membesar, rasa pegal yang mendera, hingga sulitnya menemukan posisi seks yang nyaman.

Kondisi tersebut kian memburuk ketika perempuan hamil merasa terganggu dengan bentuk tubuhnya. Atau, ketika perhatian teralihkan pada persiapan persalinan dan melahirkan.

Dalam keadaan seperti ini, merawat komunikasi dengan pasangan menjadi hal yang krusial.

Yakinkan pasangan bahwa tak ada perasaan yang berubah, dan tetap saling menyayangi.

Jalinlah komunikasi terbuka dengan pasangan, hingga masing-masing bisa memberikan dukungan dan menghadapi segala perubahan bersama-sama.(fa/kompas.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *