Ketika Jokowi Bercanda : Jangan Takut,Teroris Adalah Bagian dari Kita

Kabar Nusantara News;- Presiden Joko Widodo melucu di depan para pengusaha. Dia berbicara soal program bebas visa yang dikhawatirkan membuka pintu masuk bagi teroris dari luar negeri ke Indonesia.Nasional (14/05/2018)

Jokowi berbicara dalam pidato penutupan Rapat Koordinasi Nasional Kamar Dagang Indonesia (Kadin) 2017 di ballroom Hotel Ritz-Carlton, Mega Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (3/10/2017). Menurutnya, kemudahan mobilisasi dari luar negeri ke Indonesia bakal mendorong arus turis yang bisa bermanfaat bagi ekonomi Indonesia.

“Dua tahun lalu kita bikin program bebas visa. Saya lihat Singapura sudah 170 (negara dibebaskan visanya). Kita baru 14,” kata Jokowi.

Bila ingin arus turis dan investasi positif lancar mengalir ke Indonesia, aturan bebas visa harus diperluas ke negara-negara lain. Indonesia kalah dengan Singapura dalam hal banyaknya pembebasan visa. Hanya ada 14 negara yang bebas visa masuk Indonesia.

“Negara lain begitu (membebaskan visa), kenapa kita tidak? Karena takut teroris. Alasannya ada saja,” kata Jokowi.

Ketakutan terhadap masuknya teroris menjadi alasan pejabat Indonesia yang enggan membebaskan visa ke banyak negara. Menurutnya, alasan ini hanya upaya membuat cemas dirinya saja sebagai presiden.

“Nakut-nakutin Presiden. Saya ini nggak punya takut,” ujar Jokowi disambut tawa terbahak-bahak seisi ruangan.

Jokowi kemudian membuka kebijakan bebas visa untuk banyak negara, terlepas dari kekhawatiran soal terorisme. Dia mempersilakan publik menantikan berapa negara yang bebas visa masuk ke Indonesia hingga 2019. Tak perlu ada kekhawatiran soal masuknya teroris gara-gara kebijakan bebas visa.

“Katanya teroris masuk. Kan terorisnya dari kita,” kata Jokowi santai. Ratusan orang pengusaha di ruangan tertawa cukup lama, sekitar 10 detik.(*)



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *