Kabar Nusantara News :– Kepala Badan PPSDM Pertanian Momon Rusmono MS menekankan jika para petani dan penyuluh pertanian tak bisa lagi menghindari perkembangan teknologi zaman sekarang.

Menurutnya, teknologi informasi sangat menunjang kinerja petani dan penyuluh, terutama dalam pengembangan wawasan pertanian.

“Penyuluh ada dua alat yang tak boleh lepas. Pertama motor, kalo penyuluh tak punya motor bisa bangkrut. Kedua, Android,” urai Momon Rusmono.

Android itu, kata dia, menjadi alat untuk memperoleh informasi seputar perkembangan pertanian.

“Saya punya cucu, suatu hari saya pernah dibilangi kepo sama cucu saya. Saya kan ngak tau apa itu kepo, maka saya cari artinya di Android, saya ketik ‘apa itu kepo’, itu salah satu contoh pentingnya teknologi,” canda Momon.

Saat ini, terdapat 25 ribu penyuluh PNS, cpns 6000, ditambah penyuluh non PNS yang totalnya mencapai 40 ribuan penyuluh se Indonesia.

Selain pemanfaatan teknologi informasi, Momon juga mengungkapkan pentingnya meningkatkan komptensi petani dalam menumbuhkembangkan penyuluh swadaya, yaitu petani yang berhasil, dihormati dan mau membantu petani lainnya.

“Jika setiap desa ada penyuluh swadaya. Itu bisa membantu,” pungkasnya. (*)

Editor : Arwan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here