Kabar Nusantara News;- Wakil Bupati Luwu Timur, Irwan Bachri Syam mendampingi Bupati Magetan, Sumantri bersama rombongan meninjau langsung area transmigrasi Kawasan Terpadu Mandiri (KTM) Mahalona, Jumat (23/02/2018).Makassar (23/02/2018)

Dalam kunjungan lapangan ini Bupati Magetan didampingi Sekda Magetan dan beberapa Kepala OPD terkait Lingkup Pemkab Magetan. Wakil Bupati Luwu Timur, Irwan Bachri Syam menuturkan bahwa terkait program transmigrasi, Pemkab Luwu Timur telah menetapkan wilayah Mahalona sebagai Pusat Kawasan Terpadu mandiri (KTM).

“Duhulu Wilayah ini Hanya Bersatus Satuan Pemukian (SP) Warga Transmigrasi, Kini telah maju dan berkembang sehingga beralih status menjadi Desa “tuturnya

Lanjut Irwan, saat ini wilayah Mahalona terus mengalami kemajuan, di sektor pertanian, warga transmigrasi Mahalona

menggantungkan hidupnya sebagai petani lada. “patut disyukuri warga transmigrasi Mahalona telah mampu menjadi petani lada sukses dan mandiri.

Bahkan saat ini, Kabupaten Luwu Timur termasuk sebagai salah satu daerah pemasok Lada Terbesar Disulawesi Selatan” jelasnya.

Irwan juga menyampaikan bahwa awalnya wilayah Mahalona ini di huni sekitar 900 KK namun terus mengalami perkembangan. Hal ini memang dimungkinkan sebab selain memiliki luas wilayah yang memadai, Mahalona juga dikaruniai banyak potensi sumber daya alam yang berlimpah , olehnya itu Pemkab Lutim terus berupaya memajukan daerah ini baik dari peningkatan pelayanan, percepatan pembangunan infrastruktur maupun akses transportasinya.

Sementara Bupati Magetan, DR. Drs Sumantri, MM yang membawa Sekertaris Daerah dan 8 Pejabat OPT mengaku bangga dan kagum saat berada dikantor Desa Mahalona kecamatan Towuti dalam kunjungan kerjanya.

“Kemajuan dan peningkatan tarap hidup yang ditunjukkan dari masyarakat Mahalona membuktikan bahwa keberhasilan pemerintah daerah menangani dan memperhatikan masyarakat transmigrasi” ungkapnya.

Ia juga semakin optimis untuk melakukan kerjasama dengan Pemkab Luwu Timur dalam program Transmigrasi. “kami ingin melakukan kerjasama dengan menitipkan warga kami untuk menjadi peserta transmigrasi di Luwu Timur” kata Sumantri.

Menurut Suamantri berdasarkan informasi yang diperoleh, program transmigrasi di Kabupaten Luwu Timur berjalan sangat baik. “makanya kami datang kemari untuk melihat langsung dilapangan seperti apa program transmigrasi tersebut dijalankan”

Turut mendampingi Wakil Ketua DPRD Luwu Timur H.Siddiq BM ,Kepala Dinas ESDS Firnandus Ali ,Kepala BPMD Halsen,Camat Towuti Alimuddin Nasir,Kepala Bagian Humas dan Protokol Alimuddin Bachtiar.

Penulis : Arh || Editor : Fadly

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here