Kadispora Sulsel : Mari Cari Potensi Pemuda Dengan Cara “KONSOLIDASI EMOSIONAL”

Kabar Nusantara News;- Salah satu potensi terbaik sumber daya manusia adalah pemuda. Mereka harus diberi ruang untuk mengeluarkan dan mengekspresikan potensi dirinya. Dengan “konsolidasi emosional” istilah yang dikemukakan Kepala Dinas Kepemudaan dan olahraga ( dispora) Sulsel, Sri Endang Sukarsih, kita akan mencari dan menemukan potensi diri positif pemuda.Makassar (02/06/2018)

Demikian yang terungkap dalam Pertemuan Kerukunan Keluarga Maluku Utara ( KKMU) Sulawesi Selatan, yang di rangkaikan dengan buka puasa bersama di Gedung Stadion Barombong Makassar, Jumat (1/6).

Sri Endang menjelaskan bahwa pemuda, terkhusus mahasiswa adalah potensi bangsa yang luar biasa, olehnya itu mereka harus didukung, mulai dengan mengetahui dan melihat apa kebutuhan mereka.

“Mahasiswa punya organisasi daerah (organda), ini adalah wadah yang paling efektif melakukan pembinaan kepada mereka” terang Sri Endang Sukarsih yang juga sebagai Ketua Harian Pengurus Pusat Kerukunan Keluarga Maluku Utara ( KKMU) Sulawesi Selatan.

Menurut Sri Endang, harus ada penguatan kelembagaan organda mahasiswa. Dengan lembaga yang kuat mereka akan lebih mandiri dan solid. Ditambah pertemuan yang intens akan melahirkan ide dan gagasan positif pemuda.

Berkumpul bisa menjadi kekuatan besar yang mendorong untuk meminimalkan masalah. Menurut Sri Endang, pertemuan dan perkumpulan pemuda melalui kelembagaan yang kuat nantinya diharapkan mampu menemukan permasalahan yang dihadapi pemuda.

” jika masalah sudah ditemukan maka akan lahir intervensi program, demikian istilah yang saya gunakan untuk memancing pemuda bergerak membuat kegiatan positif” tegas Sri Endang.

Sementara itu Suhirjan H.Umar selaku ketua organda mahasiswa kabupaten halmahera barat (HIPMI HALBAR) menyambut baik ide kadispora Sulsel. Sebagai pemuda, menurut Suhirjan mahasiswa masih sangat butuh pembinaan.

” saat ini kami masih harus banyak melakukan konsolidasi dengan teman-teman untuk memperkuat kelembagaan” jelas Suhirjan.

Saat ini 10 organda Maluku Utara sudah terbentuk dan aktif di Sulsel, yakni HIPMI Halmahera Barat, Ipma Halmahera Tengah, Hipma Halmahera Selatan, Hipma Morotai, Hpms Sula, Hmt Taliabu, Hipma halmahera Utara, Hipma Nuku/tidore, Hpm Halmahera Timur, dan IPM kota Ternate.(**)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *