K.H Ma’ruf Amin Menanggapi Pemberian Gelar Ulama Kepada Sandiaga

Kabar Nusantara News;- Bakal Calon Wakil Presiden Sandiaga Uno di beri gelar Ulama oleh Partai Keadilan Sejahtera.Nasional (19/08/2018)

Pemberian Gelar ulama ini disampaikan Wakil Ketua Majelis Syuro PKS Hidayat Nur Wahid yang tidak sepakat pernyataan GNPF-Ulama terkait adanya cawapres dari kalangan ulama bisa membuat suara terpecah.

Hidayat pun menjelaskan pengertian ulama. Dalam Alquran, istilah ulama disebutkan dalam Surat As-Syura dan Surat Al-Fatir.

Dengan mengacu pada dua surat itu, Sandiaga yang berposisi bakal cawapres Prabowo Subianto dinilai sebagai ulama. Keulamaan itu ditunjukkan Sandiaga dalam perilakunya.

“Menurut saya sih Pak Sandi itu ya ulama, dari kacamata tadi. Perilakunya, ya perilaku yang juga sangat ulama, beliau melaksanakan ajaran agama, beliau puasa Senin-Kamis, salat duha, salat malam, silaturahim, menghormati orang-orang yang tua, menghormati semuanya, berakhlak yang baik, berbisnis yang baik, itu juga satu pendekatan yang sangat ulama. Bahwa kemudian beliau tidak bertitel ‘KH’ karena memang beliau tidak belajar di komunitas tradisional keulamaan,” tutur Hidayat di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (17/9).dikutip dari detik.com

Pemberian Label Ulama ini pun ditanggapi Oleh Mantan Ketua Umum MUI Yang Juga Sebagai Cawapres K.H Ma’ruf Amin

“Ya barangkali mereka menganggap ulama itu apa, gitu lo. Jadi kalau mereka ulama, tanya saja dasarnya ulama apa,” kata Ma’ruf Amin di sela penutupan untuk caleg Perindo di iNews Tower, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (18/9).

Tokoh Nahdlatul Ulama ini mempertanyakan alasan Sandiaga dicap ulama. Alih-alih ia enggan mengomentari lebih jauh pernyataan yang dilontarkan Hidayat.

“Saya nggak mau komenlah. Yang memberi label itu alasannya apa?” ucap Ma’ruf.(arh/fa)



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *