Jokowi : Badan Riset Millenial Segera Dibentuk

Kabar Nusantara News;- Sebagai sosok presiden yang terlihat gaul dan kekinian, Jokowi tentunya memiliki perhatian tersendiri untuk kaum milenial. Bahkan ide-ide kalangan muda masa kini ini akan ditampung dalam badan tersendiri.Nasional (01/02/2019)

Ya, hal ini diungkapkan Presiden Jokowi ketika menghadiri gelaran Green Festival 2019 di Jakarta Convention Center, Senayan, Kamis (31/1/2019) kemarin. Menurutnya, saat ini begitu banyak milenial yang memberikan berbagai ide dan gagasan. Itulah sebabnya dibutuhkan sebuah badan tersendiri untuk menampungnya.

“Saya sudah sampaikan berkali-kali perlu yang namanya Badan Riset Nasional, konsolidasi dengan baik. Ide dan gagasan brilian generasi muda ditampung dan difasilitasi. Ditindaklanjuti secara komersial maupun riset. Sehingga gagasan-gagasan yang ada tidak hanya sekedar angan-angan, melainkan dapat diwujudkan,” ujar Jokowi.

Dalam acara yang dihadiri ribuan milenial tersebut, Jokowi tidak sungkan berdialog secara langsung dengan para peserta yang ada. Dia mempersilakan mereka untuk mengajukan gagasan dan ide yang konstruktif untuk membangun bangsa. Menurutnya, perubahan zaman yang berlangsung cepat hanya bisa direspon oleh milenial.

“Kecepatan perubahan seperti sekarang ini perlu diantisipasi, perlu direncanakan. Jangan sampai tahu-tahu kita tertinggal. Yang bisa cepat merespon perubahan-perubahan itu ya anak-anak muda, bukan yang lain,” tegasnya seperti dikutip BeritaSatu.

Jokowi juga menyampaikan agar milenial terus melakukan perubahan dan terus belajar agar tidak terlinggal dengan negara lain. Namun, dia berharap jangan sampai perubahan itu mengubah kepribadian dan karakter Indonesia.

“Kalau ingin membangun platform system silakan. Ingin membangun online system silakan. Karena sekarang ini perubahan sangat cepat, perlu keberanian untuk itu,” ujarnya.

Presiden Jokowi memang begitu perhatian dengan kaum milenial. Hal ini bisa dilihat dari berbagai kebijakannya yang menyentuh langsung kalangan ini.

Misalnya saja program gerakan Santri Tani Milenial yang dijalankan Kementerian Pertanian. Program ini menyasar sekitar 4 juta santri untuk diberdayakan untuk menjadi petani yang produktif dengan berbagai bantuan mulai dari benih, hewan ternak, hingga alat mesin pertanian.

Selain itu, ada juga Program Satu Juta Rumah (PSR) yang dijalankan sejak April 2015 lalu. Lewat program ini para milenial bisa mendapatkan hunian dengan uang muka 100 saja dengan cicilan mulai Rp 750 ribu per bulan.

Dengan adanya berbagai kebijakan yang dihadirkan, tentu saja milenial bisa tumbuh dan berkembang untuk memberikan kontribusi terbaik bagi negeri ini. Bagaimanapun juga, masa depan bangsa ada di tangan generasi muda.(**)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *