Jokowi Akan Bangun Terowongan Terpanjang Di Indonesia Senilai 9 T

Kabar Nusantara News;- Presiden Joko Widodo (Jokowi) punya rencana besar membangun terowongan terpanjang di Indonesia. Terowongan ini sepanjang 8,95 kilometer (km) dibangun di tol Padang-Pekanbaru, dan menembus Bukit Barisan.Nasional (19/02/2018)

Proyek tol Padang-Pekanbaru sepanjang 254,8 km, saat ini mulai dibangun tahap I rute Padang-Sicincin sepanjang 28 km. Jokowi mengatakan, untuk membangun terowongan tersebut dibutuhkan dana sekitar Rp 9 triliun.

Dana sebesar itu sudah termasuk dalam total pembangunan Tol Padang-Bukit Tinggi-Pekanbaru sebesar Rp 78,09 triliun.

“Terowongan ini saja habis Rp 9 triliun, jika di miliarkan berarti Rp 9.000 miliar. Kita bisa bayangin kalau dijutakan itu berapa, berarti Rp 9 juta. Uang yang sangat besar sekali,” ujar Jokowi saat meresmikan proyek tol Padang-Pekanbaru, pekan lalu..

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menambahkan di tol Padang-Pekanbaru dibuat terowongan agar tidak merusak alam di sekitar Bukit Barisan. Selain itu jaraknya akan lebih pendek.

“Kalau enggak pakai terowongan rutenya lebih panjang 11 km. Karena itu pakai tunnel baru kali ini, panjang tunnelnya kira-kira 9 km,” kata Basuki.

Sumber : Detik.com

Editor : Fadly

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *