Hadapi Era Millenial, DIMENSI “STIMIK” Massif Gelar Training On The Road (TOR)

Kabar Nusantara News ;-Mahasiswa Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Dipanegara yang tergabung dalam Dipanegara Management Study – DIMENSI pada Senin, 12 Februari 2018 menggelar acara pembukaan pelatihan kamputer atau yang biasa disebut Training On The Road (TOR) XVI dengan tema ”Mengoptimalkan lmu pengetahuan teknologi untuk bangsa dalam menghadapi era milenial”. Jumat, (16/02/2018)

Acara pembukaan yang dihadiri oleh peserta dan pihak sekolah serta kepala desa tempat kegiatan ini, berlangsung dengan meriah.

Setelah diresmikannya pembukaan TOR XVI ini selanjutnya dimeriahkan oleh siswa siswi yang memberikan penampilan seperti tari kreasi, musikalisasi puisi serta live music sebagai acara penyambutan yang kemudian diakhiri dengan materi suplemen.

Training On The Road ini merupakan salah satu bentuk perwujudan dari Tridarma Perguruan Tinggi pada poin ke tiga yaitu pengabdian kepada masyarakat. Kegiatan ini akan berlangsung selama tanggal 12 – 26 Februari 2018, bertempat di SMA Negeri 12 Bulukumba.

Hadirnya pelatihan ini diterima dengan penuh antusias oleh pihak sekolah, terbukti dengan membludaknya peserta pelatihan yang mencapai 142 orang dengan waktu yang kurang dari satu minggu. Peserta kegiatan pelatihan ini berasal dari dua sekolah yakni SMA Negeri 12 Bulukumba dan SMK 2 Bulukumba.

Adapun materi yang disajikan dalam TOR ini terbagi menjadi 3 paket (A, B, C).Paket A mencakup tentang Visual Graphic, dimana kita menggunakan beberapa aplikasi dalam pembuatan Visual Graphic yaitu Corel Draw, Photoshop sedang Videografi aplikasinya yaitu Adobe Premiere dan Adobe After Effect.

Pada paket B materi yang diberikan yaitu tentang dasar – dasar pemrograman mulai dari Algoritma, bahasa program C++ sampai dengan java android. Dimulai dari algoritma dan diaplikasikan pada program C++ dan dilanjutkan pada bahasa pemrograman java desktop dan java android.

Pada paket C mencakup beberapa materi yang akan diberikan tentang jaringan dan pemprograman web, pada materi tersebut membahas tentang dasar-dasar jaringan mulai dari membuat kabel LAN, perhitungan subnetting dan cara melakukan sharing data melalui aplikasi filezilla.

Adapun pembahasan tentang pemrograman web yaitu bagaimana cara membuat website sederhana dengan menggunakan beberapa bahasa program, diantaranya HTML, PHP, dan Javascript. “Kegiatan ini merupakan program kerja tahunan organisasi kami, lokasi yang menjadi sasaran kegiatan kali ini adalah Kabupaten Bulukumba, tepatnya SMA Negeri 12 Bulukumba.

Dengan penyajian materi yang sesuai dengan kebutuhan saat ini yang dikemas sesederhana mungkin agar mudah dipahami.” Kata Alfiansyah selaku Ketua Umum Dipanegara Management Study.

Penulis: IZ || Editor: Arwan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *