Kabar Nusantara News ;–Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Makasar mendorong mahasiswa dan pemuda agar tidak sekedar menjadi pencari kerja (job seeker), tetapi harus berani menjadi pencipta lapangan kerja (job creator) melalui kewirausahaan.

Melalui kegiatan pembinaan kewirausahaan bagi pemuda dan mahasiswa, Dispora Makassar menggandeng konsultan Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) Sulsel dalam worshop bertajuk “Menumbuh kembangkan Jiwa Kewirausahaan Pemuda di Era Global,” 10-11 April 2018 di Hotel Dinasti Makassar.

Kegiatan yang diikuti ratusan mahasiswa dan pemuda ini bertujuan untuk menciptakan karakter positif bagi kaum pemuda dan membangun jiwa kewirausahaan.

Kabid pemberdayaan pemuda Dispora Makassar, Haryani Latief mengatakan, kegiatan digelar sejalan dengan UU No 40 Tahun 2009 tentang kepemudaan, pelatihan kewirausahaan pemuda diharapkan dapat menumbuh kembangkan minat pemuda untuk berwirausaha sehingga dapat mengurangi pengangguran.

”Saat ini banyak pengangguran terdidik karena terbatasnya lapangan pekerjaan, juga karena masih rendahnya tingkat kewirausahaan yang dihasilkan dari dunia pendidikan,” tambahnya.

Dalam workshop selama 2 (hari) penuh ini konsultan PLUT Sulsel membekali peserta sejumlah materi seperti mindset kewirausahaan, karakter seorang pengusaha, kiat menemukan ide bisnis dan memulai usaha, pengembangan produk, digitalpreneur dan dasar-dasar pengelolaan keuangan wirausaha muda pemula.

Koordinator konsultan PLUT Sulsel, Bahrul ulum Ilham berharap kegiatan Dispora Makassar bisa ditindaklanjuti melalui pendampingan. “Kami di PLUT siap memfasilitasi calon entrepreneur dan wirausaha muda pemula di Makassar dalam pendampingan usaha secara berkelanjutan,” tandasnya.

■Editor: Arwan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here