Gelar Diskusi Hari Pahlawan, Pkpt Ipmil Raya Stim Nitro Hadirkan Cucu Andi Djemma

Kabar Nusantara News;- Pengurus Koordinator Perguruan Tinggi (PKPT) Ipmil Raya Stim Nitro Menggelar Dialog Publik Bertemakan “Refleksi Perjuangan Andi Djemma” 10 November 2018.Makassar (10/11/2018)

Diskusi yang di gelar di Jalan Andi Djemma Warunk Up Normal Malam tadi memghadirkam tiga narasumber diantaranya Dr. Suriadi Mappangara, M,Hum (dosen Ilmu sejarah Unhas), Dr. Andi Mattingaragau, SE.,M.si (dosen di universitas Andi Djemma dan penulis),dan Sjahrir Andi Achmad (cucu Andi Djemma).

Sementara itu Dalam pemaparannya, Salah satu Narasumber Dr. Andi Mattingaragau mengatakan jika landasan yang melatar belakangi (filosofi) Andi Djemma menyuarakan gerakan perlawanan rakyat luwu adalah karena di latar belakangi siri na passe.

Menurutnya, warga Luwu Malu tanah (harga diri) nya direndahkan, dan merasa sedih melihat warga nya di jajah

“jadi yang melatar belakangi perlawanan rakyat luwu ialah siri’na passe atau malu tanahnya di rendahkan.”ungkapnya

Bahkan Dosen Univ.Andi djemma ini pun mengatakan jika Selain itu ada beberapa nilai (kepribadian) yang harus dipetika dari seorang andi djemma yang bisa kita tarik sebagai identitas diantaranya Tongeng : kebenaran : menegakkan aturan, Lempu : lurus / jujur, Getteng : tegas, Adele : Adil merakyat

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Pengurus Besar IPMIL Raya,Jajaran PB Ipmil raya dan berbagai elemem mahasiswa wija to luwu.(sf/fa)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *