Bupati Luwu Utara Hadiri Kegiatan Semarak Budaya Dan Tenun Rongkong IAIN Palopo

Kabar Nusantara News;- sebagai wujud kepedulian kepada para generasi pelanjut khususnya mereka yang masih bersekolah di tingkat SD, SMP hingga SMA, Mahasiswa KKN IAIN Palopo menggelar kegiatan Semarak Budaya dan Tenun Rongkong, sabtu 13/10 pagi.Makassar (13/10/2018)

Kegiatan yang di pusatkan di Desa Limbong Kecamatan Rongkong tersebut di hadiri langsung oleh bupati luwu utara.

Bupati luwu utara, indah putri indriani dalam sambutannya saat membuka kegiatan tersebut mengungkapkan, kehadirannya merupakan bentuk apresiasi.

“Kehadiran saya beserta rombongan kali ini merupakan wujud apresiasi kepada adik-adik penyelenggara atas terlaksananya kegiatan ini, ini merupakan satu tindakan yang jelas untuk keberlangsungan budaya yang ada di daerah kita khusunya tenun rongkong ini.”ujarnya.

Lebih lanjut, tenun rongkong yang memiliki semboyan sekong sirendeng sipomandi mengajarkan kita tentang kebersamaan yang harus ada dalam membangun daerah, sehingga upaya-upaya pelestarian seperti ini patut kita dukung dan galangkan bersama sebagai upaya pengenalan adab kita.

Yang paling penting Tradisi ini bisa terus terjaga dan tidak berhenti hanya untuk kegiatan ini saja, sebab baru-baru ini luwu utara meraih sertifikat dari KEMENDIKBUD terkait warisan budaya tidak benda untuk 3 warisan tradisinya,

“harapannya ke depan kita bisa dorong lagi tradisi-tradisi yang kita miliki seperti tenun rongkong ini sehingga mendapat pengakuan negara.”pintanya.

Senada dengan hal tersebut, wakil rektor 3 IAIN Palopo, DR. Hasbih, menghanturkan terima kasih kepada pemda luwu utara, khusunya bupati luwu utara yang telah memberi support dan dukungan kepada anak-anak kami.

Kehadiran kita semua pada kegiatan ini jelas merupakan Usaha NASIONAL yang perlu senantiasa didukung dan dilestarikan untuk mengantisipasi nilai-nilai global dan sekunder yang masuk sehingga menjadi filter pergaulan.(*)



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *